Berita

Puncak Peringatan HUT TNI Ke 70 di Wilayah Kalimantan Selatan

Dibaca: 8 Oleh 06 Okt 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tak terasa 70 tahun sudah TNI mengabdi kepada Ibu Pertiwi. Di usia yang tergolong senja bagi seorang manusia, namun tidak bagi prajurit TNI di seluruh Nusantara. Dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”, upacara Puncak Peringatan HUT ke 70 Tentara Nasional Indonesia (TNI) se-Kalimantan Selatan dilaksanakan di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Senin, (5/10). Bertindak sebagai Inspektur upacara Pj. Gubernur Kalimantan Selatan Tarmizi A. Karim.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi didampingi oleh Ketua PIA AG Cab.12/D.II Lanud SAM Ny. Dewiyana Erwin Sugiandi, hadir pada Upacara Puncak Peringatan HUT ke 70 TNI di wilayah Kalsel tersebut yang diikuti oleh satu SSK pasukan dari Lanud SAM dan seluruh unsur kesatuan TNI/Polri Kalsel dan instansi sipil lainnya. Turut menghadiri pula diantaranya, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabinda Kalsel Brigjen TNI Rahmat Pribadi, Danrem 101/Ant Kolonel Inf M. Abduh Ras, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto, Komandan Rindam VI/MLW Kolonel Inf Awal Nur,, Sekda Prov Kalsel M. Arsyadi, Pj. Walikota Banjarbaru Martinus, para unsur FKPD Tk. I dan II Prov Kalsel, para pejabat TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya yang tak bisa disebutkan satu-satu persatu.

Baca juga:  PERINGATAN KE-68 HUT TNI ANGKATAN UDARA DI LANUD NGURAH RAI

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Pj. Gubernur Kalsel Tarmizi A. Karim selaku inspektur upacara HUT TNI ke 70 wilayah Kalsel mengatakan serta mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI agar dapat memaknai usia TNI ke-70 ini, untuk mengingat kembali jati diri TNI sebagai sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional, seperti yang dinyatakan Panglima Besar Jenderal Soedirman bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air, ikan tidak akan hidup tanpa air, Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI. Untuk itu, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Dengan demikian, TNI harus mampu menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. TNI harus mampu menghadapi para penjarah sumberdaya laut dan perikanan kita. TNI harus mampu menjaga wilayah perbatasan dan pulau-pulau terdepan kita. Diakhir amanatnya, Presiden RI berpesan kepada seluruh Prajurit TNI untuk terus meningkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan di manapun berada dan bertugas. Mari kita jaga dan pelihara keutuhan dan kekompakan TNI. Peliharalah dan jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat, TNI kuat. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jadilah TNI yang berjuang, yang dicintai dan mencintai rakyat.

Baca juga:  Tes Psikologi Pemegang Senpi Di Lanud Sulaiman

Usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke 70 di Kalsel, sejumlah undangan dan para hadirin disuguhkan, demonstrasi aksi tarung dan bela diri militer Yongmoodo, aksi teatrikal perjuangan Jendral Sudirman dan dari Lanud Sjamsudin Noor menampilkan demo flypass pesawat Tecnam P92-JS milik FASI Prov Kalsel dengan membawa banner bertuliskan Dirgahayu TNI ke 70 serta defile kekuatan prajurit TNI wilayah Kalsel. Dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah syukuran HUT TNI ke 70 di Aula Bina Satria Kota Banjarbaru. Dalam kegiatan ramah tamah dan syukuran tersebut acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Danrem 101/Ant, Danlanal Banjarmasin dan Danlanud SAM. Acara tersebut juga dihibur dengan menampilkan artis dangdut ibukota Dewi Persik untuk memberikan hiburan yang menyegarkan kepada seluruh tamu undangan.

Semoga eksistensi TNI kedepan dimasa yang akan datang dapat semakin lebih maju, profesional dan dicintai rakyat serta lebih mengedepankan nilai-nilai persuasif ketika berhadapan dengan masyarakat, dan bertindak tegas ketika menghadapi ancaman dan gangguan terhadap NKRI.

Baca juga:  Jelang Vaksinasi Massal TNI dan Polri Provinsi Jabar Gelar Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel