TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Puncak Peringatan HUT TNI Ke 73 di Wilayah Kalimantan Selatan

By 08 Oct 2018Berita
DSC_06977

TNI AU. Tak terasa 73 tahun sudah TNI mengabdi kepada Ibu Pertiwi. Di usia yang tergolong senja bagi seorang manusia, namun tidak bagi prajurit TNI di seluruh Nusantara. Dengan mengusung tema “Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”, upacara Puncak Peringatan HUT ke 73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) se-Kalimantan Selatan dilaksanakan di Dermaga Trisakti Lanal Banjarmasin, Jumat (5/10). Bertindak sebagai Inspektur upacara Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko didampingi oleh Ketua PIA AG Cab.12/D.II Lanud SAM Ny. Yeni Triana Widyoko, hadir pada Upacara Puncak Peringatan HUT ke 73 TNI di wilayah Kalsel tersebut yang diikuti oleh satu SSK pasukan dari Lanud SAM dan seluruh unsur kesatuan TNI/Polri Kalsel dan instansi sipil lainnya. Turut menghadiri pula para pejabat pimpinan TNI/Polri wiayah Kalsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya yang tak bisa disebutkan satu-satu persatu.

Amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor “Profesionalitas TNI untuk Rakyat”, tema singkat namun padat ini mengandung makna bahwa prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal, dan semua tugas serta kewajibannya didarmabaktikan untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. TNI selain menghadapi kompleksitas tantangan ke depan, juga harus menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir-akhir ini. Mulai dari kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat Papua, letusan Gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi di Lombok dan Palu

DSC_44688

Usai pelaksanaan upacara HUT TNI ke 73 di Kalsel, sejumlah undangan dan para hadirin disuguhkan dengan demonstrasi aksi tarung dan bela diri militer Yongmoodo serta defile kekuatan prajurit TNI wilayah Kalsel. Dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah syukuran HUT TNI ke 73 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Dalam kegiatan ramah tamah dan syukuran tersebut acara ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Kalsel. Semoga eksistensi TNI kedepan dimasa yang akan datang dapat semakin lebih maju, profesional dan dicintai rakyat serta lebih mengedepankan nilai-nilai persuasif ketika berhadapan dengan masyarakat, dan bertindak tegas ketika menghadapi ancaman dan gangguan terhadap NKRI.

 

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Puncak Peringatan HUT TNI Ke 73 di Wilayah Kalimantan Selatan