Berita

Puncak Peringatan Skadron Udara 17 Lanud Halim Ke-53 Tahun 2016

Dibaca: 19 Oleh 03 Agu 2016Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Skadron Udara 17 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma Letnan Kolonel Pnb I.G. Putu Setya Darma bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Skadron Udara 17 ke-53, Selasa (2/8) di hanggar skadron tersebut. HUT Skadron Udara 17 ke-53 seharusnya diperingati pada tanggal 1 Agustus 2016 kemarin, namun karena kesibukan di satuan maka baru dapat dilaksanakan satu hari kemudian.

Danskadud 17 dalam sambutannya menyampaikan peringatan ulang tahun merupakan sarana untuk berefleksi terhadap perjalanan bagi satuan angkut khusus VVIP/VIP selama ini. “Melalui introspeksi diharapkan dapat menyadarkan diri kita seberapa besar dan tulus pengabdian kita selama ini pada satuan. Di samping itu melalui introspeksi yang telah dihayati tentu akan dapat memotivasi kinerja kita semua agar ke depan dapat lebih baik dari saat ini, “ tegas Danskadud 17 sebagai alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1997 tersebut.

Ditambahkannya perlu disadari cikal bakal Skadron Udara 17 angkut VVIP/VIP, adalah Skadron Udara IV yang memiliki tugas menerbangkan para pejabat tinggi negara. Pada tahun 1963, nama Skadron Udara IV diubah menjadi Skadron Udara 17 berdasarkan keputusan Menteri/Panglima Angkatan Udara tanggal 1 Agustus tahun 1963. Tanggal tersebut akhirnya ditetapkan sebagai awal mula berdirinya Skadron Udara 17. Angka 17 diambil dari tanggal dibacakannya proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Sebagai logo satuan dipilih kereta kencana terbang. Artinya personel Skadron Udara 17 merupakan satuan angkut udara khusus bagi pejabat istana.

Baca juga:  PIA AG CAB 6 GAB II WINGDIKUM ADAKAN CERAMAH KONSEP DIRI

Rangkaian puncak peringatan HUT Skadron Udara 17 selanjutnya penyerahan piagam penghargaan kepada dua personel mewakili bintara dan tamtama yang berpredikat sebagai teladan Peltu Wara Lilik F dan Pratu Eka N. Kemudian pemberian tali asih dari Komandan Skadron Udara 17 kepada empat pensiunan bintara tinggi (Peltu) yang telah menyelesaikan pengabdiannya di Skadron Udara 17 selama sekitar 30 tahun lebih bertugas. Berikutnya di ruang serbaguna dilaksanakan refresmen diisi pesan dan kesan perwakilan mantan anggota yang purna tugas, pemberian hadiah bagi anggota yang menang dalam petandingan olah raga antarseksi dan mereka yang berulang tahun di Bulan Agustus serta doorprize bagi yang beruntung. Selanjutnya diadakan tradisi jajar kehormatan guna menghormati mantan anggota yang purna tugas, diawali pengalungan rangkaian bunga melati untuk melewati pasukan jajar yang melakukan penghormatan. Sesampainya di luar hanggar mantan anggota diantar mobil untuk kembali kediamannya masing-masing. Dirgahayu Skadron Udara 17 VVIP/VIP.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel