Berita

Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Oleh 12 Mar 2020 Maret 13th, 2020 Tidak ada komentar
Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean menerima plakat kenang-kenangan Pusbintal TNI yang diwakili oleh Kaintel Lanud Adisutjipto Letkol Sus Widyantara Hening F saat diserahkan oleh Kapusbintal TNI Laksma TNI Dery Triesananto Suhendi, S.E pada acara pembukaan Simulasi Pancasila di Ruang Ballroom Grand Quality Hotel, Yogyakarta, Kamis (12/03/2020).

 Dalam sambutannya Kapusbintal TNI menyatakan bahwa penyelenggaraan simulasi ini memiliki makna yang strategis sekaligus merupakan sarana komunikasi, guna meningkatkan kualitas mental prajurit TNI khususnya terkait dengan pemahaman dan kemampuan prajurit dalam menuangkan pemikiran tentang bagaimana menjadi prajurit yang bertaqwa kepada Allah SWT memiliki jiwa nasionalis serta militan dalam pelaksanaan tugas, sehingga mampu melaksanakan tugas yang baik, mendukung dan membela ideologi negara dengan penuh rasa tanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.

Pancasila sebagai dasar negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, memang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan prajurit TNI, secara eksplisit telah tercantum dalam Pancasila, Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI yang dimiliki TNI bersama-sama.

Baca juga:  Lanud Rsn Laksanakan Ceramah Komunikasi Sosial TNI

Seiring dengan panggilan tugas dan komitmen TNI untuk mempersembahkan dharma bhakti terbaiknya bagi bangsa dan negara, maka pada setiap sosok pribadi prajurit TNI yang mengawaki organisasi TNI, haruslah memiliki karakter yang kuat dan mampu menjunjung tinggi Pancasila, Saptamarga dan memegang teguh Sumpah Prajurit serta Delapan Wajib TNI.

 Lebih lanjut dikatakan, tuntutan tugas yang semakin berat dan kompleks, kondisi lingkungan masyarakat yang semakin dinamis, ada kecendrungan nilai-nilai luhur bangsa, landasan moral dan etika mulai terkikis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Situasi dan kondisi yang kurang kondusif tersebut akan berdampak langsung kepada penurunan kondisi mental prajurit antara lain dalam aspek ideologi penurunan disiplin atau etos kerja, soliditas dan cinta NKRI.

Berbagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam jiwa prajurit telah dilakukan dengan berbagai pendekatan agar sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu diperlukan pendekatan yang praktis, sederhana dan kreatif sekaligus mendukung nilai edukatif dan rekreatif.

Kegiatan Simulasi Pancasila merupakan gabungan antara permainan peran dengan kegiatan diskusi, yang sekaligus sebagai upaya meresapkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Salah satu sasaran yang diharapkan dalam penyelenggaraan simulasi ini adalah dapat dihayati dan diamalkannya nilai-nilai Pancasila, Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam kehidupan sehari-hari.

Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Pusbintal TNI Laksanakan Simulasi Pancasila di Yogyakarta

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel