Berita

PUSDIKBANGSPES BUKA PENDIDIKAN HANUD PASIF DAN OPERATOR RADAR

Dibaca: 36 Oleh 18 Sep 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Spesialisasi kodiklat TNI (Danpusdikbangspes Kodiklat TNI) Marsekal Pertama TNI Asnam Muhidir secara resmi membuka Pendidikan Kursus Perwira Hanud Pasif VI dan Bintara/Tamtama Operator Radar VI Tahun Anggaran 2012 dalam suatu upacara yang bertempat di Ruang Kelas Pusdiklat Hanudnas Surabaya, Senin (17/9).

Pembukaan pendidikan ditandai dengan penyematan tanda siswa secara simbolis kepada perwakilan siswa. Pendidikan Kursus Perwira Hanud Pasif diikuti oleh 20 siswa dengan Kepala Sekolah Letkol Lek Gendut Purwanto sedangkan Kursus Bintara Operator Radar diikuti oleh 30 siswa dengan Kepala Sekolah Mayor Lek Edy Purnomo. Kursus Perwira Hanud Pasif dan Kursus Bintara/Tamtama Operator Radar akan dilaksanakan selama 2 bulan.

Komandan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Spesialisasi kodiklat TNI Marsekal Pertama Asnan Muhidir selaku Inspektur upacara mengatakan , tujuan diselenggarakan Kursus Hanud Pasif adalah mengembangkan kemampuan peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertahanan udara pasif sehingga akan berkemampuan dalam mencegah, memperkecil, menanggulangi dan merehabilitasi Obyek Vital serta lingkungannya akibat serangan udara lawan yang dikoordinasikan oleh aparat teritorial dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat diwilayahnya dengan sasaran akhir tetap terpeliharanya kondisi aman diwilayah Obyek Vital Nasional dari ancaman serangan udara. Negara kita sangat memerlukan keamanan obyek-obyek industri besar yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, keamanan bangunan-bangunan Pemerintahan dan keamanan tempat-tempat Instansi Militer yang dapat mempengaruhi kestabilan dan keamanan Negara, tempat-tempat dan bangunan serta industri-industri besar inilah yang kita sebut dengan Obyek Vital Nasional yang perlu kita jaga dan kita lindungi.

Baca juga:  Kesiapan Lanud SIM dalam penyambutan PENAS

Sedangkan Kursus Operator Radar ditujukan untuk menjadikan personel yang handal dalam mengoperasikan Sista Radar. Meskipun pada dasarnya pengetahuan radar sedikit banyak sudah dimiliki oleh para siswa Operator Radar, namun peningkatan serta pendalaman materi baik secara teori maupun praktek masih perlu diberikan secara lebih mendalam. Hal ini disebabkan karena Sistem Radar adalah salah satu unsur Hanud yang mahal dan sarat dengan Teknologi tinggi, khususnya Teknologi Elektronika, untuk itu penanganan pengoperasian dan perawatannya memerlukan personel radar yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan teknologi yang ada.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel