Berita

Puspomau Gelar Latihan Satuan “Wira Sakti” 2019

PUSPOMAU GELAR LATIHAN SATUAN “WIRA SAKTI”
#TNIAU 

TNI AU.    “Wira Sakti” merupakan latihan satuan yang dilaksanakan oleh Puspomau dalam rangka melaksanakan program kerja Puspomau T.A. 2019 dan juga program pelatihan bagi para Penyidik Pomau.

Latihan yang dimulai pada tanggal 13 November 2019 dan dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari di Puspomau, melibatkan segenap anggota Puspomau dimana para peserta memiliki peran dan fungsi yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara, dalam hal ini diketuai oleh Dansatrikning Puspomau, Kolonel Pom Bambang Susilo Utomo. Skenario yang dilaksanakan berupa simulasi terjadinya dugaan tindak pidana berat dan juga ringan dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) adalah di area Puspomau yang akan ditangani oleh para peserta yang berperan sebagai Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) beserta para Penyidiknya. 

Dimulai dengan adanya laporan atau pengaduan dugaan tindak pidana, para peserta mulai menjalankan perannya masing-masing. Termasuk dalam hal pengamanan dan olah TKP, pengumpulan barang bukti disertai dokumentasi dan juga pengumpulan bahan keterangan dari saksi yang berada disekitar TKP, para peserta dengan sungguh-sungguh mengikuti arahan dan petunjuk panitia penyelenggara. Bukti-bukti yang ada, selanjutnya dilakukan analisa sebagai bahan untuk membantu proses penyidikan sampai dilaksanakannya pemberkasan dan pelimpahan berkas perkara.

“Tujuan utama latihan satuan ini adalah untuk mengukur, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan sehingga mampu memahami tugas pokok, khususnya dalam bidang Penyidikan. Dengan adanya latihan satuan ini juga, diharapkan para peserta mampu menjaga langkah dan teknik dasar sebagai prosedur tetap penanganan perkara, disertai usaha dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi meningkatkan kinerja, kemampuan serta profesionalitas dalam setiap pelaksanaan tugas-tugas yang semakin komplek,” demikian sambutan Danpuspomau, Marsma TNI Agung Handoko, S.H., M.M., M.H.

Lebih lanjut, Danpuspomau berpesan bahwa latihan satuan ini merupakan sarana pembelajaran bersama sehingga masing-masing peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang proses penyidikan suatu perkara dan menjadikan rambu-rambu untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan walau sekecil apapun.

Menutup latihan “Wira Sakti 2019” Danpuspomau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia juga peserta dan pendukung yang terlibat sehingga program ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel