Berita

Qurban Ibadah Berdimensi Sosial

Dibaca: 6 Oleh 18 Nov 2010Tidak ada komentar
Qurban Ibadah Berdimensi Sosial
#TNIAU 

Idul Adha dan peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan merupakan suatu konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan, serta sebagai ungkapan rasa syukur terhadap nikmat Allah sekaligus sebagai salah satu ibadah yang berdimensi sosial.


Pernyataan tersebut disampaikan Wakasau Marsdya TNI Sukirno KS, S.IP. M.M., yang membacakan sambutan tertulis Kasau pada acara pemotongan hewan qurban Idul Adha 1431 H di Mabesau Cilangkap, Kamis (18/11).


”Qurban bukan hanya bermakna bagaimana manusia mendekatkan diri kepada Tuhannya, akan tetapi juga sebagai ibadah sosial yaitu kepedulian terhadap sesama, lebih-lebih kepada sesama umat yang berkekurangan.


Menurutnya, Allah SWT tidak menginginkan darah dan daging dari hewan qurban yang disembelih, melainkan keihklasan dan kerelaan dari seorang hamba untuk membunuh tipologi dan watak karakter binatang yang ada dalam diri manusia.


Perayaan Idhul Adha 1431 H bertemakan “Dengan hikmah Idul Adha kita tingkatkan kepedulian sosial prajurit TNI dalam rangka memperkokoh soliditas dan solidaritas demi suksesnya tugas pokok TNI”. Dihadiri Irjenau Marsda TNI Irawan Supomo, Aspers Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo dan para Kadis Mabesau.


Dalam Idul Adha 1431 Hijriah ini, hewan qurban yang terkumpul dari warga Mabesau sebanyak 27 ekor terdiri atas 12 sapi dan 15 kambing. Setelah disembelih, daging qurban dibagikan kepada Tamtama dan PNS Golongan I dan II, honorer Mabesau, masyarakat sekitar Mabesau Cilangkap serta panti asuhan dan yayasan yatim piatu di Cibinong, Cileungsi, Cakung, Pinang Ranti, dan Depok.

Baca juga:  LEKOL PNB ANTARIKSA, JABAT KOMANDAN LANUD REMBIGA

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel