Berita

“RAJAWALI PERKASA 2014” LANUD HALIM PERDANAKUSUMA DIGELAR

Dibaca: 9 Oleh 10 Mar 2014Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Latihan tingkat Lanud Halim Perdanakusuma yang dinamakan Rajawali Perkasa tahun 2014, mulai hari ini Senin (10/3) hingga 13 Maret 2014 mendatang mulai digelar oleh personel dan satuan jajaran yang terlibat. Menandai awal latihan dilaksanakan upacara pembukaan di dalam Hanggar Skadron Udara 17 dengan inspektur upacara Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt. Stud. Peserta upacara meliputi Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dengan dihadiri pejabat Lanud Halim Perdanakusuma serta Penilai dari Koopsau I dan Sekkau.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt. Stud., menyampaikan untuk memelihara profesionalisme pelaksanaan tugas-tugas dukungan operasi udara, seluruh jajaran dan Prajurit yang bertugas di Lanud Halim Perdanakusuma akan terlibat event tahunan Latihan Rajawali Perkasa, sebagai latihan puncak tingkat Lanud Halim Perdanakusuma. Sasaran latihan adalah memberikan pengalaman, melatih serta meningkatkan kemampuan personel dalam memahami Doktrin, Petunjuk dan Prosedur yang berlaku dalam Operasi TNI AU maupun Operasi TNI. Selain itu sasaran latihan adalah terwujudnya kerjasama satuan yang sinergis secara nyata sesuai peran dan fungsinya dalam mendukung Satgas Dukungan Tempur.

Baca juga:  Jalani Tes Urine, Personel Koopsau III Perangi Narkoba

Danlanud juga menyinggung empat macam operasi udara yang akan dilakukan para pelaku, yang meliputi Operasi Pengintaian Udara, Angkutan Udara, Pengungsian Medik Udara dan Pengamanan Alutsista. Salah satu penekanan Danlanud antara lain “Jadikanlah latihan ini sebagai wahana meningkatkan kualitas tugas,menguji kemampuan masing-masing unsur dan instansi yang terlibat dalam suatu latihan bersama guna melaksanakan operasi udara sebagai core business TNI AU,” tegas Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt. Stud.

Sementara itu Direktur Latihan Kol Pnb Y. Aditya Permana yang juga Komandan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma dalam laporan kesiapannya menyampaikan tema latihan adalah “Lanud Halim Perdanakusuma melaksanakan latihan operasi udara di tingkat satuan jajarannya guna mendukung tugas Komando Operasi TNI AU I dalam rangka mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Terdapat dua tahap dalam kegiatan yaitu latihan Posko di Gedung Jalalludin Tantu Skadron Udara 31 pada tanggal 10 dan 11 Maret 2014, serta Manuver Lapangan di Lanud Halim Perdanakusuma dan Lanud Suryadarma pada 12-13 Maret 2014 mendatang. Latihan didukung sekitar empat ratus personel dan beberapa pesawat angkut dan helikopter.

Baca juga:  Donor Darah Peringatan Ke-73 Hari Bakti TNI AU di Lanud Wiriadinata

Upacara ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan pemasangan tanda peserta latihan. Upacara berlangsung dengan khidmat diiringi oleh Satuan Musik TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel