Berita

Rakorops TNI AU Tahun 2021, Asops Kasau: Tingkatkan Kemampuan para Penerbang yang Profesional, Modern, Tanggap, dan Adaptif

Dibaca: 9 Oleh 23 Feb 2021Tidak ada komentar
Rakorops TNI AU Tahun 2021, Asops Kasau: Tingkatkan Kemampuan Para Penerbang Yang Profesional, Modern, Tanggap, dan Adaptif
#TNIAU 

TNI AU. CILANGKAP, DISPENAU. Prioritas pembinaan yang harus kita utamakan adalah meningkatkan kemampuan para penerbang beserta para pendukung yang profesional, modern, tanggap dan adaptif, melalui manajemen operasi dan latihan secara bertingkat, berlanjut dan berkesinambungan sehingga pelaksanaan tugas dapat lebih optimal dan terukur.

Pernyataan tersebut disampaikan Asops Kasau dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasau Marsma TNI Eding Sungkana, S.AB., M.Tr (Han)., selaku Pgs. Asops Kasau saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi TNI AU Tahun 2021 di ruang Puskodalau Mabesau Cilangkap, Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut Asops Kasau menyampaikan penekanan Kepala Staf Angkatan Udara pada Rapim TNI AU yang lalu, agar kita fokus pada pelaksanaan tugas yang konfensional, serta melihat tantangan yang bersifat non-konfensional termasuk ancaman hibrida.

“Kegiatan operasi dan latihan TNI AU harus mampu dilaksanakan oleh satuan jajaran secara profesional dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan terbang dan kerja,” ujar Asops Kasau.

Lebih lanjut Asops Kasau mengharapkan Satuan Udara sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas, agar selalu mengasah diri serta didukung oleh Komandan Satuan yang mengenali secara pasti kemampuan dan keterbatasan diri sendiri maupun anak buahnya di satuan.

Baca juga:  Lanud Rsn Ukur Kemampuan Personel Lewat Tes Samapta

“Hindari sikap meremehkan tugas dan senantiasa belajar dari setiap kejadian guna menumbuhkan budaya safety dalam setiap individu personel TNI AU,” tegas Asops Kasau.

Sebelum mengakhiri sambutannya Asops Kasau menekankan kepada para komandan dan Perwira Operasi agar selalu mengaplikasikan Management Planning secara benar, mulai dari proses perencanaan sampai dengan fungsi pengawasan serta senantiasa dievaluasi guna meningkatkan kualitas dan menghindari terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan tugas.

Incident ataupun accident pada dasarnya dapat kita cegah, jika kita semua memiliki kepedulian terhadap keselamatan terbang dan kerja pada setiap kegiatan operasi dan latihan. Jangan membiarkan hal-hal kecil yang salah dan rutin dikerjakan serta luput dari perhatian, karena hal tersebut sangat mendukung terciptanya unsafe condition dan unsafe action yang tidak kita harapkan bersama,” pinta Asops Kasau.

Rakor Operasi TNI AU tahun 2021 yang mengangkat tema “Berlandasan Jiwa Profesional, Modern, Tanggap dan Adaptif, Kita Mantapkan Sinergitas serta Kemampuan Operasi dan Latihan Dalam Rangka Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional” diikuti secara langsung para pejabat di jajaran Sopsau dan para Panglima, para Komandan Lanud serta para Komandan Satuan TNI AU di seluruh Indonesia secara virtual melalui video telekonferensi (vicon) dari Mabesau.

Baca juga:  Boeing 737 Intai Strategis Berhasil Mendeteksi Penangkapan Ikan Secara Ilegal

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirdiklat Kodiklatau, Kadisbangopsau, dan Kadisopslatau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel