TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Rakoropsau 2019, Kasau: Antisipasi Dinamika Lingkungan, Personel Operasi Harus Profesional, Militan dan Inovatif

By 18 Feb 2019 Berita
kasauu

CILANGKAP, DISPENAU. Kemajuan teknologi yang berkembang demikian pesat, menimbulkan berbagai potensi ancaman yang menuntut personel operasi harus bertindak profesional, militan dan inovatif dalam mengantisipasi perkembangan dinamika lingkungan yang terjadi.

Melihat tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang, tugas TNI AU akan semakin berat dan kompleks. Pembinaan kemampuan dan kekuatan harus mencapai tingkat yang mampu mendukung kegiatan operasi dan latihan secara maksimal.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., saat membuka Rapat Koordinasi Operasi (Rakorops) TNI AU tahun 2019 di Gedung Suharnoko Harbani, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut Kasau mengatakan, adanya potensi ancaman siber, bio hazard, ancaman wahana tanpa awak (UAV), teknologi robotik dan teknologi persenjataan lainnya, mendorong terjadinya perubahan global di segala aspek kehidupan.

“Kita perlu mencermati secara saksama dan mengantisipasi sedini mungkin terhadap dinamika yang ada, agar dapat mengambil langkah terbaik dalam mengatasi dampak negatif yang mungkin timbul,” ujar Kasau.

Kasau menekankan kepada seluruh peserta Rakoropsau, prioritas pembinaan yang harus diutamakan tercapainya tingkat profesionalisme para penerbang, personel logistik pendukung penerbangan dan Paskhas melalui manajemen latihan secara bertingkat, berlanjut dan berkesinambungan sehingga siklus latihan perorangan maupun satuan tetap terlaksana dengan kualitas dan kuantitas yang semakin baik.

Di akhir amanatnya Kasau meminta kepada seluruh jajaran operasi agar dapat meningkatkan budaya keselamatan atau safety culture agar dapat mempertahankan pencapaian zero accident di tahun 2019. Incident dan accident dapat dicegah, jika semua memiliki kepedulian terhadap keselamatan terbang dan kerja di setiap kegiatan, baik kegiatan operasi maupun latihan.

Rakoropsau 2019 mengusung tema “Dilandasi Profesionalitas, Militansi dan Inovasi TNI Angkatan Udara Siap Mendukung Tugas Pokok TNI”.

Hadir pada acara tersebut Wakasau, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau dan para pejabat di lingkungan Mabesau.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Rakoropsau 2019, Kasau: Antisipasi Dinamika Lingkungan, Personel Operasi Harus Profesional, Militan dan Inovatif