TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Rakorpsiau : Ciptakan Kondisi Psikologis Prajurit TNI AU yang Andal

By 21 Mar 2018Berita
ff56c142-ae02-4cd7-8e35-049eff1df291

TNI AU.   Jakarta-Dispenau (21/3). Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau) dituntut untuk melakukan pembinaan psikologis kepada seluruh prajurit TNI AU sehingga tercipta prajurit yang andal dan mampu melaksanakan tugas secara profesional dan inovatif. Tugas tersebut tidaklah mudah karena harus memonitor dan membina kondisi psikologis prajurit TNI AU secara berkelanjutan serta harus mampu mengamati dan mengevaluasi untuk mencegah timbulnya dampak negatif dalam pelaksanaan tugas di kemudian hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Personel (Aspers) Kasau Marsda TNI Anastasius Sumadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Waaspers Kasau Marsma TNI Diyah Yudanardi saat membuka Rapat Koordinasi Psikologi Angkatan Udara (Rakorpsiau) 2018 di Gedung Indoor Training Dispsiau Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (21/3).

Rakorpsiau 2018 yang mengambil tema “Dengan dilandasi jiwa kesatria, militan, loyal, profesional dan modern Dispsiau siap melaksanakan tugas pembinaan psikologi untuk optimalisasi kinerja dan safety bagi personel TNI AU”, diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari Kotama dan Lanud di jajaran TNI AU. Rakorpsiau 2018 bertujuan selain sebagai sarana silaturahmi dan koordinasi juga untuk menciptakan hubungan yang solid dengan seluruh jajaran Psikologi TNI AU yang bertugas di pusat maupun di daerah.

Lebih lanjut Aspers Kasau mengatakan, informasi yang terkait dengan kompetensi individu, diperlukan pengamatan terhadap perilaku potensial yang berdasarkan pada hasil tes psikologi maupun secara aktual berupa hasil pengamatan di lapangan. Pengembangan potensi prajurit dapat pula dilihat dengan menggunakan metode assesment yang dapat menentukan personel yang tepat dalam menduduki jabatan sesuai dengan kompetensinya.

“Untuk melakukan pembinaan psikologi berkelanjutan terhadap personel TNI AU dibutuhkan kualitas SDM psikologi yang profesional, inovatif, mau bekerja keras, bekerja cerdas, dan selalu ikhlas, serta tetap solid dengan prinsip integritas dan pengabdian yang tinggi”, ujar Waaspers Kasau.

Dalam kesempatan tersebut Waaspers Kasau memberikan penghargaan International Military Testing Association (IMTA) kepada Mayor Kes N.H Prasetyo, M.Psi, Mayor Kes Fadilah, M.Psi, Kapten Kes H. Ginting, M.Psi dan Lettu Kes Danu Dwiatmoko, S.Psi. Hadir dalam acara tersebut Kadispsiau, Kalakespra, Wadanpuspomau dan Kabiro Psi SSDM Polri.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Rakorpsiau : Ciptakan Kondisi Psikologis Prajurit TNI AU yang Andal