Berita

RANAI SIAGA 2011

Dibaca: 14 Oleh 15 Jul 2011Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Pesawat milik Tanggo Airlines jenis ATR 72 nomor penerbangan TR 7325 melaksanakan penerbangan schedule dari Natuna tujuan Batam take off dari Bandara Ranai. Setelah 7 menit tinggal landas pesawat, pesawat melaporkan kepada menara pengawas bandara Ranai bahwa engine fire in flt pilot mengalami gangguan dan memutuskan return to base (RTB). Petugas Tower melihat dan memberitahukan ke pilot ada kepulan asap tebal di engine pesawat. Pesawat melakukan pendaratan darurat, pada saat roda pesawat menyentuh landasan pacu pilot tidak dapat mengendalikannya dan pesawat oleng ke kiri keluar runway pesawat meluncur dan berhenti di depan apron dalam keadaan sayap kiri terbakar akibat pesawat melakukan penadarat darurat miring ke kiri dan api berkobar semakin besar serta terjadi ledakan, Kamis, (14/7). 

Kejadian yang terjadi pada siang hari tersebut sontak mengejutkan seluruh personel Lanud Ranai. Secara spontan satuan Pemadam Kebakaran berupa mobil PK Lanud Ranai dan Satuan Damkar Kabupaten Natuna langsung dikerahkan untuk memadamkan api agar kebakaran tersebut tidak sampai meluas, mengingat didalam pesawat tersebut terdapat 40 penumpang. Seluruh personel Lanud Ranai langsung berlarian kelokasi kejadian, raungan sirine pemadam kebakaran dan sirine mobil Ambulance Rumkit Lanud Ranai dan RSUD Natuna membuat suasana siang tersebut tambah mencekam. Satuan-satuan yang terkait langsung melaksanakan tugasnya masing-masing, Satuan Pemadam Kebakaran berusaha dengan cepat memadamkan api agar kebakaran tidak sampai meluas, sedangkan Satuan Polisi Militer langsung mengisolir lokasi kejadian dan melaksanakan pengamanan dan penyelidikan bersama dengan Satuan Intelijen, sedangkan Rumkit dan RSUD Natuna langsung melaksanakan evakuasi para korban yang banyak tergeletak disekitar lokasi pesawat yang kebakaran. 

Baca juga:  Gerakan Indonesia Bersih, di Areal Perumahan Bersama Masyarakat Lanud Soewondo

Selain kerugian materiil berupa terbakarnya pesawat, terdapat kerugian beberapa penumpang yang mengalami luka bakar serius, kebakaran di pesawat sudah dapat teratasi sedangkan menurut data dari Tim Medis yang mengalami luka parah 4 orang, Luka sedang 3 orang, Luka ringan 16 orang, Yang selamat 13 orang dan yang meninggal 4 orang. Sedang yang luka sedang ditangani oleh tim medis Rumah Sakit Lanud Ranai dan RSUD. 

Kejadian tersebut merupakan salah satu rangkaian Latihan Bersama Lanud Ranai dan Pemerintah Kabupaten Natuna dengan nama “Ranai Siaga 2011”, dimana latihan bersama ini bertujuan untuk memupuk kesiapsiagaan dan kemampuan masing-masing satuan dalam menghadapi gawat darut di wilayah Natuna. Latihan bersama melibatkan seluruh personel Lanud Ranai sedangkan dari Pemerintah Kabupaten Natuna melibatkan, Dinas Perhubungan, Satuan Pemadam Kebakaran, Satuan Basarnas dan RSUD. Hadir menyaksikan latihan, Komandan Lanud Ranai Letkol Pnb Danang Setyabudi, Bupati Kabupaten Natuna, Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Danlanal Ranai, Dandim Natuna.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel