Berita

Rapat IPC Cope West Tahun 2019 di Lanud Sam Ratulangi

By 02 Apr 2019 April 4th, 2019 No Comments
IMG-20190404-WA0024
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Lanud Sam Ratulangi kembali menjadi tempat latihan bersama antara TNI AU dengan US Air Force Tahun 2019. Dalam latihan ini kedua Angkatan Udara Indonesia dan Amerika Serikat akan menggelar latihan dengan sandi “Cope west ” di wilayah udara Manado, Sulawesi Utara. Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (joint operation) maupun latihan Combat operation.

Dalam kaitan rencana tersebut, saat ini bertempat di gedung Graha Merdeka kairagi Manado, mulai hari Senin 1 April sampai dengan Sabtu 6 April 2019 dilaksanakan rapat kedua ( Final Planning Conference ) dan survei ke tempat pelaksanaan latihan bersama Cope West tersebut. Sebelumnya rapat awal IPC dan tinjau lokasi sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH, M.Avn, M.gt, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Lanud Sam Ratulangi selaku pangkalan operasi selalu siap dalam mendukung pelaksanaan operasi dan latihan yang dilaksanakan di wilayahnya dan mendukung sepenuhnya Latma Cope West ini agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Rapat pembahasan (IPC) dipimpin oleh Kolonel Pnb M. Satriyo Utomo, SH. (Danwing 3) beserta jajarannya, Mayor Pom M. Dasuki, mewakili dari Lanud Sam Ratulangi, dan Jim Traywick ( Pacaf excercise planner ) mewakili delegasi Amerika serikat.

Latihan Cope West nanti akan melibatkan unsur tempur udara dari kedua Negara menggunakan pesawat tempur F-16 Falcon dari skadron udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan pesawat F-16 dari skadron 14 Angkatan Udara Amerika (USAF).

 

Leave a Reply