Berita

Rapat Kerja Teknis Kodikau T.A. 2009

Dibaca: 12 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Dankodikau : “Diperlukan suatu postur TNI AU 2005-2024”.

Komando Pendidikan TNI Angkatan Udara menyelenggarakan Rapat Kerja Teknis T.A. 2009 yang dilaksanakan selama dua hari di GOR Ganesha Kodikau, Kamis (30/7). Rapat Kerja Teknis Kodikau T.A. 2009 dipimpin oleh Komandan Kodikau Marsekal Muda Sukirno KS, S.E., M.M yang dihadiri oleh Wadan Kodikau Marsekal Pertama L.Tony Susanto, para pejabat Kodikau, Komandan Satuan Jajaran juga peserta undangan dari Mabesau. Program kerja tahun 2009 ini merupakan langkah-langkah yang dituangkan dalam program dan kegiatan untuk digunakan sebagai pedoman dalam meningkatkan kerja satuan dimana Kodikau merupakan Kotama pembinaan penyelenggara pendidikan TNI Angkatan Udara dengan kegiatan yang diprogramkan untuk dapat mendukung pendidikan tersebut yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan pertama, pembentukan, pengembangan, spesialisasi, peralihan dan pendidikan lain serta pembinaan potensi kedirgantaraan.

 

Dalam penyelenggaraan pendidikan Kodikau selalu berpegang pada salah satu dokumen perencanaan jangka menengah yang berisi upaya pencapaian sasaran pembinaan, pembangunan dan penggunaan kekuatan TNI AU. Pembangunan kekuatan Kodikau ditujukan untuk meningkatkan kemampuan Kodikau beserta satuan jajarannya agar dapat menyelenggarakan pendidikan dengan hasil optimal.

Baca juga:  Danwingdikum Buka Pokja Revisi Kurdik Sesarcab Kesehatan

 

Dalam sambutannya Dankodikau menyatakan Program Kerja dan Anggaran Kodikau tahun anggaran 2009 disusun dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dengan fokus meningkatkan propesionalisme prajurit melalui pendidikan. Program Pendidikan TNI Angkatan Udara tahun 2009 menitik-beratkan pada peningkatan kualitas hasil didik dengan pencapaian sasaran kualitas yang diupayakan melalui pemantapan terhadap pembinaan sepuluh komponen pendidikan. Mengingat terbatasnya sumber anggaran belanja TNI Angkatan Udara pada umumnya dan Kodikau pada khususnya, maka dalam menyusun Progam kerja dan Anggaran tahun anggaran 2009 Kodikau berupaya untuk melaksanakan secara efektif dan efisiensi di semua sektor, sehingga sasaran pendidikan dapat tercapai.

 

Mencermati situasi dan kondisi makro ekonomi dan keterbatasan alokasi anggaran tersebut, Kodikau harus mulai mengubah cara berpikir dalam menyusun perencanaan, dimana dalam menentukan sasaran kegiatan harus berpedoman pada renstra Kodikau.

 

Menyadari sisi kelemahan atas kemampuan anggaran dan ketidakpastian dari perkembangan lingkungan strategis maupun pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan suatu postur TNI AU yang dapat menjawab dinamika perubahan lingkungan strategis yang terjadi, hakekat ancaman serta tuntutan kebutuhan organisasi. Upaya untuk mewujudkan postur TNI AU yang mampu mengemban tugas harus dibangun secara bertahap, berkesinambungan, tepat sasaran dan berdasarkan skala prioritas. Postur TNI AU merupakan dokumen resmi sebagai pedoman dalam merencanakan pengerahan sumber daya, pembangunan kemampuan, kekuatan dan penggelaran agar sasaran yang ingin di capai dapat diwujudkan. Hal tersebut perlu dituangkan dalam suatu dokumen strategis yaitu postur TNI AU 2005-2024.

Baca juga:  Pia AG Pangeran M. Bun Yamin resmikan Green Park

 

Tujuan dari pelaksanaan Rakernis ini, adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pencapaian sasaran program kerja Kodikau pada semester I TA. 2009. Selain itu, juga untuk mengetahui permasalahan-permasalahan menonjol yang dihadapi, dan selanjutnya dicarikan solusi pemecahannya. Dengan demikian diharapkan program kerja Kodikau TA. 2009 dapat dicapai secara optimal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel