Berita

RAPAT KESIAPAN KEJURNAS TERBANG LAYANG DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 12 Oleh 21 Sep 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Bertempat di Ruang rapat, Komandan Lanud Suryadarma Kalijati, Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., menerima kunjungan tim Persatuan Olah Raga Dirgantara Terbang Layang Nasional (Pordirga Terla) Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang diketuai Marsekal Pertama TNI (Purn) Prasetya selaku Kepala Pordirga Terla, bersama stafnya, Senin (20/9). Tim Pordirga Terla bermaksud untuk koordinasi awal pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Terbang Layang di Pusat pendidikan Terbang Layang (Pusdiklat Terla) Lanud Suryadarma tahun 2010 yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 9-19 Okteober mendatang.

 

Rapat dimulai pukul 13.15 WIB diisi dengan diskusi dipimpin Kapordirga Terla didampingi Danlanud Suryadarma selaku Kepala Pusdiklat Terla. Dalam diskusi yang dihadiri oleh panitia dan delapan perwakilan peserta kejurnas meliputi perwakilan dari Propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bali, DI Yogyakarta, Papua dan Banten tersebut berjalan lancar. Diawali dengan laporan mengenai kesiapan umum Lanud Suryadarma beserta panitianya oleh Wakil Ketua Panitia Kejurnas Mayor Pnb Sapuan S.Sos., yang juga Kadispers Lanud Suryadarma.

Baca juga:  69 TON BANTUAN GEMPA BUMI DI LOMBOK DIBERANGKATKAN DARI POSKO LANUD ADI SOEMARMO

 

Selanjutnya Ketua Panitia Kejurnas Letkol Pnb M. Syafii menyampaikan beberapa hasil rapat pendahuluan panitia di Lanud Suryadarma beberapa waktu lalu seperti adanya kegiatan pendahuluan sebelum kejurnas yaitu kemah tadabur alam siswa SMA/SMK se-Subang di Kalijati, peresmian Saka Dirgantara Lanud Suryadarma dan lainnya. Sedangkan Kapordirga sedikit mengulas kronologis dipilihnya Pusdikterla sebagai lokasi kejurnas setelah Propinsi Bangka Belitung pada Juli 2010 yang lalu tidak sanggup menyelenggarakannya. Ditambahkan kejurnas harus diadakan dua tahun sekali karena merupakan amanat Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FASI, oleh karena itu walaupun waktunya sangat mendesak agenda kejurnas tidak dapat diundur lagi. “Untuk itu sejak sekarang mari kita maraton, yang penting kejurnas terselenggara,” tegas Kapordirga Terla.

 

Sebagai kesimpulan yang dirumuskan Kapordirga bahwa kejurnas akan dilaksanakan pada tanggal 9-19 Oktober 2010, minimal ada dua nomor pertandingan dalam kejurnas, kurang lebih terdapat sekitar 13 propinsi sebagai peserta, ada 25 paket medali yang disediakan, pendaftaran ditutup tanggal 27 September 2010 serta rapat lanjutan diadakan tanggal 30 September 2010 yang akan datang.

Baca juga:  Wingdikum Adakan Tes Garjas

 

Olah Raga Terbang Layang merupakan olah raga dirgantara yang menggunakan glider (pesawat tanpa mesin) sebagai sarana terbang setelah sebelumnya dari landasan ditarik oleh pesawat penarik dengan tali khusus sepanjang 40-60 m. Pada ketinggian 1.500 meter tali dilepas agar glider dapat melayang-layang sendiri menggunakan sayapnya selama beberapa menit kemudian mendarat. Oleh karena itu terdapat nomor presision (ketepatan mendarat) dan duration (lama-lamaan melayang di udara) dalam pertandingan olah raga Terbang Layang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel