Berita

Rapat Perdana Gebyar Merah Putih HUT RI ke-75 di Tomohon Sulut

Dibaca: 58 Oleh 10 Agu 2020Tidak ada komentar
*Rapat Perdana Gebyar Merah Putih HUT RI ke-75 di Tomohon SULUT*
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, yang diwakili oleh Kapentak Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Michiko Moningkey, mengikuti rapat awal kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-75, di ruang rapat Yudha Markas Komando Resimen Induk Kodam XIII/ Merdeka (Rindam), Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (10/08/2020).

Rapat awal ini dipimpin langsung oleh Komandan Rindam XIII/ Merdeka, Kolonel Inf Samuel Aling. Dengan didampingi Aspers Rindam XIII/ Merdeka. Membahas tentang diselenggarakannya pembentangan bendera Merah Putih. Oleh lima puluh personel pengawal bendera di Gunung Mahawu, kecamatan Tomohon. Dalam memeriahkan perayaan Kemerdekaan Indonesia ke-75.

Selanjutnya, dipaparkan draft rencana kegiatan yang dinamakan Gebyar Merah Putih. Dalam perencanaan dibahas pula tentang kegiatan Paragliding serta Hike and Fly Merah Putih. Paparan pertama disampaikan oleh Hery Rumondor. Selaku Pengurus Pusat Paralayang Indonesia (Pengprov Paralayang Sulawesi Utara). Dan diikuti oleh Ketua Panitia Mayor Inf Torang Malau, yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Tim Pelatih Rindam XIII/ Merdeka.

Baca juga:  Danlanud Soewondo Ajak Anggota Optimalkan Lahan Tingkatkan Ketahanan Pangan Antisipasi Perkembangan Covid-19

Berdasarkan perintah lisan Pangdam XIII/Merdeka. Agar merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan gebyar merah putih. Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-75 tahun 2020. Hal ini ditanggapi dengan antusias oleh panitia pelaksana Paragliding serta Hike and Fly Bendera Merah Putih.

Rencana yang dipaparkan oleh Mayor Inf Torang Malau, kegiatan pembentangan bendera merah putih ukuran 1250 meter di puncak Gunung Mahawu. Gunung dengan ketinggian 1324 mdpl akan menjadi saksi pengucapan: “Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75… Indonesia maju!”

Seruan ini akan diucapkan secara serentak bersama-sama. Dengan tangan kanan mengepal disebelah kanan kepala. Kegiatan ini dilaksanakan setelah sebanyak 35 pilot Paragliding Sulut dan Nasional telah mendarat dengan aman. Di lapangan rumput hijau didalam lingkungan area Markas Komando Rindam XIII/Merdeka.

Sementara itu, Danrindam XIII/ Merdeka mengatakan diawal rapat. Bahwa perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020 adalah hari bersejarah bagi bangsa dan negara Indonesia. Perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini diselenggarakan dalam suasana keprihatinan nasional.

Atas wabah Covid-19 yang melanda masyarakat dunia dan Indonesia pada khususnya. Dilain pihak, suasana kesatuan dan persatuan serta semangat juang dan kebangsaan tetap harus dijaga. Tanpa mengabaikan kewaspadaan nasional. Terhadap masalah Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus melanda negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Danlanud dan Ketua Pia Ardhya Garini Cab. 7/ D.I Lanud Wiriadinata Hadiri Upacara Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih Tingkat Kota Banjar

“Dalam rangka memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Memelihara semangat juang dan kebangsaan tersebut diatas, maka diselenggarakan kegiatan gebyar merah putih. Di wilayah Sulawesi Utara, khususnya wilayah Tomohon dan sekitarnya,” ungkap Kolonel Inf Samuel Jefferson Aling.

Sedangkan Kolonel Pnb Abram Tumanduk selaku Ketua FASI provinsi Sulawesi Utara melalui Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Lek Marshal Lasut, menitipkan petunjuknya, agar pihak panitia tidak mengabaikan pentingnya surat pemberitahuan kepada Lanud Sam Ratulangi serta pihak otoritas bandara Sam Ratulangi, walaupun trafiknya sudah ada. Hal ini penting mengingat diperlukannya NOTAM di wilayah udara Sulut bagi kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan.

Hadir dalam rapat koordinasi ini, adalah staf pengamanan Kodam XIII/Merdeka, logistik, kesehatan perhubungan, penerangan, perbekalan dan angkutan serta dari Kodim Tomohon. Rencana gladi secara keseluruhan pada 16 Agustus mendatang, yang melibatkan semua unsur yang terlibat. Baik di Gunung Mahawu maupun di Lapangan hijau Mako Rindam XIII/Merdeka Tomohon. Tim media cetak maupun elektronik diharapkan dapat mengurus Kartu Pengenal Media kepada Panitia, selambat-lambatnya dua hari sebelum 17 Agustus 2020.

Konsep Otomatis

Konsep Otomatis

Konsep Otomatis

Konsep Otomatis

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel