Berita

Rapat Tim Excercise Elang Ausindo Tahun 2019 di Lanud Sam Ratulangi

Oleh 16 Apr 2019 April 18th, 2019 No Comments
#TNIAU 

TNI AU. Setelah rencana pelaksanaan latihan bersama antar US Airforce dan TNI AU di laksanakan di Kota Manado, Sulawesi Utara,  Lanud Sam Ratulangi kembali akan menjadi tuan rumah latihan bersama antara dua kekuatan udara yakni TNI AU dengan Royal Australia Airforce ( RAAF)  Tahun 2019.  Dalam latihan ini kedua  Angkatan Udara  Indonesia dan Royal Australia Airforce  akan menggelar latihan dengan sandi “Elang Ausindo Tahun 2019“ yang di laksanakan di wilayah udara Sulawesi Utara. Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama joint operation  maupun Combat operation.

 Sehubungan rencana latihan tersebut, dilaksanakan rapat pertengahan (Middle Planing Conference) Latma Elang Ausindo Tahun 2019 di gedung Graha Merdeka kairagi Manado, serta  survei lapangan  tempat pelaksanaan latihan Elang Ausindo nanti. Kegiatan rapat dilaksanakan mulai  hari Senin 15 April  sampai dengan hari  Selasa  16  April 2019.  Sebelumnya rapat awal IPC  dan tinjau lokasi sudah dilaksanakan pada bulan Januari 2019.  Sementara survei lapangan yang  di kunjungi antara lain Base ops Lanud Sam Ratulangi, Apron bandara Internasional Sam Ratulangi,  Ruang rapat VIP Room Pemda,  Survei juga ke tempat penampungan BBM dan pemasangan kabel  resting area.  Di sela sela rapat, Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH, M.Avn, M.gt, mengatakan bahwa, Lanud Sam Ratulangi  siap  mendukung  setiap pelaksanaan operasi dan latihan yang di laksanakan di wilayahnya  dan mendukung sepenuhnya Latma Elang Ausindo Tahun 2019    agar dapat berjalan  dengan aman dan lancar.

Baca juga:  Ketum PIA Ardhya Garini: Peran Perempuan Sangat Penting dalam Keluarga

 Rapat pembahasan ( MPC ) dipimpin oleh Kolonel Pnb  Ferdinand Roring,  ( Paban II/Lat Ditdiklat Kodiklatau )  beserta jajarannya, Komandan  Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH, M.Avn, M.gt  beserta Staf Lanud yang terlibat,  serta  Barry Colin Skennar ( HQAC Planner) dan Mathew Petter Michell (82  WF Ops ) bersama rekan rekannya  mewakili delegasi Royal Australia Airforce ( RAAF ).

 Latihan bersama Elang Ausindo Tahun 2019  nanti akan  melibatkan unsur tempur udara dari  kedua Negara menggunakan  pesawat tempur F-16 Falcon dari skadron udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun dan pesawat F-18 Super hornet  dari Royal Australia Airforce ( RAAF ).

 

Berita Terkait

Komentar