Berita

RAT Tahun Buku 2019, Primkopau Lanud Soewondo Peroleh Sertifikat “Cukup Sehat” dari Walikota Medan

RAT Tahun Buku 2019, Primkopau Lanud Soewondo Peroleh Sertifikat “Cukup Sehat” Dari Walikota Medan
#TNIAU 

TNI AU.   Primkopau Lanud Soewondo gelar rapat anggota tahunan,tahun Buku 2019, dengan tema: Melalui rapat anggota tahunan tahun buku 2019, kita tumbuhkan rasa mencintai, memiliki dan mengembangkan koperasi untuk mencapai kesejahteraan bersama”, bertempat di aula Silindung Lanud Soewondo. Kamis (12/3/2020).

Rapat Anggota Tahunan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, dengan melibatkan seluruh anggota sebagai wujud partisipasi aktif dalam memajukan koperasi dan sebagai forum pertanggung jawaban pengurus dan pengawas koperasi serta Sebagai sarana komunikasi, evaluasi, dan penyaluran aspirasi serta menyamakan visi dan persepsi, yang dilandasi dengan semangat kebersamaan dan musyawarah untuk mufakat, ucap Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P., saat membuka RAT Primkopau Lanud Soewondo, tahun buku 2019.

“Dalam menghadapi situasi dan kondisi perekonomian nasional seperti sekarang ini, hendaknya koperasi tetap dapat melaksanakan kegiatan-kegiatatan usaha yang dapat meringankan anggota, misalnya toko koperasi Lanud Soewondo dapat menyediakan segala kebutuhan sehari-hari dengan mudah. Tidak kalah penting juga melayani kebutuhan anggota tentang peminjaman uang hendaknya dapat dilayani dengan sebaik-baiknya. Hal ini untuk menghindari peminjaman keluar dengan tingkat suku bunga yang cukup tinggi,” tegas Danlanud Soewondo.

Baca juga:  ANAK-ANAK PAUD AL-KAUTSAR SAKSIKAN TERJUN PAYUNG DI LANUD SULAIMAN

Lebih jauh kata Danlanud Soewondo, melalui tema rapat anggota tahunan kali ini, kita tumbuhkan rasa mencintai, memiliki dan mengembangkan koperasi untuk mencapai kesejahteraan bersama, maksudnya  adalah dari anggota dan untuk anggota, serta ditujukan untuk kesejahteraan bersama, kehadiran koperasi harus benar-benar dirasakan dan dibutuhkan oleh anggota.

“Dengan demikian, koperasi tidak hanya semata-mata memikirkan profit oriented semata, tetapi juga memperhatikan manfaat dan nilai bagi anggotanya,” kata Danlanud.

Sementara itu Kepala Dinas koperasi dan UMKM kota Medan, ibu Dra. Eldiati M.A.P dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Primkopau Lanud Soewondo mendapatkan kategori cukup sehat.

“Rapat anggota koperasi tahunan ini adalah amanat penting dalam kehidupan berkoperasi yang tertuang dalam undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian dan anggaran dasar perkoperasian. Keberhasilan koperasi bukan hanya ditentukan oleh pengurus koperasi saja, namun diperlukan peran penting akhtif dan dukungan dari komandan Lanud Soewondo selaku sandaran koperasi fungsional, untuk itu dalam rangka meningkatkan partisipasi anggota, saya harapkan pengurus koperasi dapat membuat terobosan baru dan menambah layanan produk maupun kemitraan lainya untuk kepentingan anggota. Terobosan usaha itu tidak bertentangan dengan peraturan dan perundangan yang berlaku, khususnya undang-undang perkoperasian,” jelasnya.

Baca juga:  Pia Ardhya Garini Bakorcab Bogor Sambangi Panti Sosial Tresna Werdha Bhakti Mulya

Lanjutnya lagi, dinegara ini ada tiga badan usaha ekonomi yang salah satunya adalah koperasi. Koperasi ini berbeda dengan badan usaha lainya, koperasi bergerak dalam bidang usaha ekonomi dan pendidikan anggota koperasi itu sendiri. Adapun usaha yang dijalankannya adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan para anggota koperasi dengan harga terjangkau dan cepat oleh karena itu, bukan sisa hasil usaha ( SHU )saja yang jadi tujuan tapi berapa besar keberadaan koperasi ini bisa dirasakan oleh anggota.

“SHU ini tidak sepenuhnya menjadi hak atau bagian dari anggota, hal ini tertuang dalam undang-undang perkoperasian maupun Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga perkoperasian adalah bagian dari cadangan dan dana pendidikan yang dipisahkan dari SHU dan harus senantiasa masuk dalam pembukuan. Pondasi koperasi sudah ditetapkan dengan baik, untuk itu saran dan pendapat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja Koperasi untuk masa yang akan datang.

Pada tahun 2019 yang lalu, Primkopau Lanud Soewondo mendapatkan sertifikat kategori cukup sehat dari Walikota Medan, jadi ini adalah hal yang sangat baik dan membanggakan untuk kita semua,” ucap Dra. Eldiati, M.A.P.

Baca juga:  Danwing Udara 1 Tutup Latihan Survival Dasar Lanud Halim Perdanakusuma

Selanjutnya acara penyerahan sertifikat koperasi kategori cukup sehat dari Walikota Medan melalui Kepala Dinas koperasi dan UMKM kota Medan kepada Danlanud Soewondo.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan laporan keuangan dari ketua Primkopau Lanud Soewondo Letda Lek Dedi Hariadi dan lapangan pemeriksaan kegiatan koperasi oleh dewan pengawas Primkopau oleh Mayor Tek Sugeng, serta pembahasan untuk kemajuan koperasi kedepan yang diikuti oleh seluruh anggota koperasi dan diakhiri dengan pembagian doorprize.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel