Berita

Ratusan Masyarakat Nagari Gadut Berbondong- bondong Donorkan Darahnya

Dibaca: 12 Oleh 30 Sep 2021Tidak ada komentar
IMG 20210930 WA0029
#TNIAU 

TNI AU- Ratusan masyarakat dan pelajar Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam berbondong-bondong mendonorkan darahnya dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan ke-76 HUT TNI tahun 2021 bertempat di Monumen Pesawat Avro Anson RI-003, Rabu (29/9/2021).

Seperti yang kita ketahui, sejarah pesawat Avro Anson RI-003 ini dibeli dari hasil sumbangan kaum ibu (amai-amai) di Bukittinggi pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan tahun 1947. Kaum ibu ini tergerak hatinya untuk meyumbangkan perhiasannya berupa emas untuk membeli pesawat terbang atas ajakan Bung Hatta untuk menembus blokade ekonomi Belanda yang sangat menyengsarakan pada saat itu.

Kemudian perhiasan emas yang dikumpulkan ini digunakan untuk membeli pesawat Avro Anson milik seorang mantan penerbang RAF bernama Paul H. Keegan, warga negara Australia, yang saat itu berada di Songkhla, Thailand Selatan.

Pada saat itu, dua orang pendiri TNI Angkatan Udara yaitu, Komodor Muda udara Iswahjudi dan Komodor Muda Udara Halim Perdanakusuma ditugaskan untuk menerbangkan pesawat tersebut dari Gadut ke Thailand dan kembali ke gadut, untuk mengantarkan Paul H. Keegan kembali ke Thailand, namun sayangnya pada saat penerbangan kembali dari Thailand pesawat ini mengalami accident di daerah Tanjong Hantu, Malaya, yang menyebabkan gugurnya kedua Pahlawan TNI AU tersebut.

Baca juga:  Dua Hercules Menuju Chittagong

Dalam rangka HUT TNI ke-76 dan untuk mengenang semangat rela berkorban masyarakat Nagari Gadut pada saat itu serta pengorbanan dua orang pahlawan TNI AU ini, Lanud Sutan Sjahrir yang dibantu oleh masyarakat Nagari Gadut serta komponen masyarakat lainnya melaksanakan kegiatan donor darah yang berlokasi di tugu monumen pesawat Avro Anson RI-003 tersebut.

Selain itu kegiatan juga bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan nilai-nilai rela berkorban rakyat pada masa itu serta pengorbanan para pahlawan TNI AU dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Khususnya kepada generasi muda yang akan datang.

Hadir juga pada pelaksanaan donor darah kali ini, Ketua PMI Provinsi Sumbar, Ketua PMI Kota Bukittinggi, Tokoh adat dan Tokoh agama Nagari Gadut serta beberapa pejabat Lanud Sutan Sjahrir lainnya yang terkait.

Selama pelaksanaan kegiatan donor darah tersebut, seluruh peserta donor dan panitia yang terlibat tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yang telah diberlakukan pada masa PPKM saat ini.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel