Berita Utama

Ratusan Pendemo Kepung Pintu Gerbang Kargo Bandara SSK II

Oleh 19 Des 2019 Desember 24th, 2019 Tidak ada komentar
Ratusan Pendemo Kepung Pintu Gerbang Kargo Bandara SSK II
#TNIAU 

TNI AU. Suasana Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin  tepatnya di Harrier 1, depan monumen pesawat tempur A4 Sky Hawk, Kamis  (19/12/19), waktu siang mendadak mencekam karena ratusan pendemo mencoba menerobos blokade pasukan PHH Lanud Roesmin Nurjadin agar pendemo bisa masuk   ke VIP Bandara SSK II, mereka menuntut dan memintak pertanggung jawaban atas statemen negatif yan  g pernah dilontarkan oleh salah seorang tokoh masyarakat  terhadap salah seorang pendukungnya.

Pihak Lanud Rsn, terlebih dahulu sudah mengetahui gerak-gerik pengunjuk rasa karena telah mengantongi surat ijin berunjuk rasa, meskipun mengantongi surat tersebut pihakLanud Rsn tetap menyiapkan pasukan PHH, untuk mengantisipasi agar para pendemo tidak disusupi oleh provokator yang bisa anarkis.

Pasukan PHH ini dapat diarahkan dalam rangka pelaksanaan tugas operasi TNI dalam bentuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai amanat undang-undang antara lain, Pengamanan obyek vital nasional, membantu tugas pemerintah di daerah dan membantu Polri dalam keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dengan dasar tersebut, Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T.,M.M., langsung lakukan konsulidasi dengan para pejabat terkait, seperti Kadisops, Dansatpom, Kaintelijen, Karumkit dan dari pejabat bandara serta pendukung lainya.

Baca juga:  Komandan Lanud Sam Ratulangi Hadiri Pembukaan Manado Fiesta Tahun 2019

Marsma TNI Ronny Moningka mengatakan, kepada semua pejabat, pelaku dan pendukung agar mempersiapkan sesuatu dengan matang, lakukan cara persuasif, cegah sedini mungkin anarkis.

Demikian apa yang dikatakan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T.,M.M., pada kegiatan rapat koordinasi tentang simulasi Pasukan PHH di Ruang Rapat Arjuna Lanud Rsn, Kamis pagi (19/12/19).

Selanjutnya Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Ronny Moningka, memerintahkan kepada Kepala Dinas Operasi Kolonel PNB Jajang Setiawan,S.M., sebagai direktur latihan, siapkan pelaku, pendukung, pelengkapan, sarana dan prasarana, operasikan semua yang ada, agar pengunjukrasa bisa diatasi tanpa anarkhis, yang perlu kita waspadai adalah provokator yang dapat memicu kerusuhan.

“Saya berpesan kepada pelaku dan pendukung agar lakukan latihan ini dengan serius, perhatikan safety  dan lakukan sesuai dengan prosedur yang telah ada, anggap latihan ini di medan sebenarnya,” ucap Ronny.

Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel PNB Jajang Setiawan, S.M., sebagai Direktur Latihan  langsung lakukan koordinasi kepada semua unsur terkait, baik di jajaran Lanud Rsn maupun pihak Bandara SSK II.

Baca juga:  Dankodiklatau: Wujudkan Netralitas TNI Dengan Berpegang Teguh Pada Karakter Dan Jati Diri TNI

Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., pada skenarionya menjelaskan, pada pukul 14:10 piket menerima laporan dari Intel bahwa massa sudah mulai berdatangan ke arah pintu Gerbang Kargo Bandara, Perwira Piket melaporkan ke Komandan Kompi Taktis PHH, selanjutnya Danki Taktis menyiapkan personel PHH untuk bergerak ke kedudukan.

Pukul 14:40 massa mulai melaksanakan orasi dan mulai melakukan upaya provokasi dengan mengeluarkan kata-kata kasar untuk memancing kemarahan pasukan PHH serta tindakan provokasi terhadap pasukan PHH dengan bergerak maju serta melempar benda-benda ke arah Pasukan PHH.   Kemudian massa makin beringas Danki Taktis memerintahkan semprot water canon (PK),  akhirnya provokator aksi demo dapat diamankan pasukan PHH dan di serahkan ke Satuan POM.

Disela-sela latihan simulasi Pasukan PHH, Kolonel Pnb Jajang menambahkan, bahwa latihan ini sekaligus untuk kesiapan pasukan dalam mengamankan peringatan Hari Natal 2019 dan menyambut Tahun Baru 2020.

Latihan juga disaksikan oleh para pejabat Lanud Rsn serta para pejabat dari bandara SSK II Lancang Kuning.

Baca juga:  Calon Perwira Siswa Seskoau Ikuti Tes Samapta

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel