Berita

Ratusan Personel Lanud Rsn Bersama Warga Lakukan Aksi Bersih Sampah di Pasar Pagi Arengka

Ratusan Personel Lanud Rsn Bersama Warga Lakukan Aksi Bersih Sampah di Pasar Pagi Arengka
#TNIAU 

TNI AU.  Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Lanud Roesmin Nurjadin bersama warga melaksanakan apel di Pasar Pagi Arengka Pekanbaru,  Kamis (21/2).

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan dan membersihkan sampah-sampah berserakan ditempat keramaian, sebagaimana kegiatan peduli sampah yang dilakukan oleh Personel Lanud Rsn bersama Pemda Kota Pekanbaru dan warga di Pasar Pagi Arengka.

Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., dalam sambutanya mengatakan, seperti yang kita ketahui, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional lahir sebagai peringatan terjadinya tragedi longsor sampah di Leuwigajah, Jawa Barat pada tgl 21 Februari 2005. Penyebab longsor tersebut, diduga karena curah hujan yang sangat tinggi serta ledakan gas Metana (CH4) yg terperangkap terhadap timbunan sampah. Longsoran gunungan sampah tersebut menelan lebih dari 150 jiwa yang kemudia dinyatakan sebagai bencana lingkungan yang mayoritas korban adalah penduduk disekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung. Sejak itu, Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tgl 21 Februari, untuk itu dalam membangun komitmen kita bersama agar bencana akibat pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak berwawasan lingkungan tidak terulang kembali.

“Kegiatan peduli sampah ini adalah salah satu wujud dari kemanunggalan Lanud Rsn bersama pemerintah dengan masyarakat Provinsi Riau khususnya masyarakat Pasar Pagi Arengka,” ujar Danlanud Rsn.

Selanjutnya Marsma TNI Ronny Moningka menjelaskan, bahwa sampah bisa menjadi kawan dan bisa jadi lawan hal itu tergantung dari kita sendiri, sampah bisa menjadi penyakit, merusak lingkungan, tapi bila ditangani dengan baik maka akan bermanfaat bagi kita dan masyarakat serta sejalan dgn hal ini, Panglima TNI menginginkan kepada seluruh jajaran AD,AL,AU untuk turun langsung dalam kegiatan HPSN ini.

Walikota Pekanbaru yang diwakili oleh perwakilan DLHK Kota Pekanbaru ibu Dayana, dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Komandan Lanud Rsn dan jajaran yang telah memperkasai kegiatan ini yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Ibu Dayana juga mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanud Rsn ini adalah merupakan wujud kepedulian sosial dari Lanud Rsn dengan kondisi masyarakat yang berada disekitarnya.

Kemudian Camat Marpoyan Damai Pekanbaru, Fiora Helmi mengucapkan banyak terima kasih kepada Komandan Lanud Rsn dan Personel Lanud Rsn yang telah mengingatkan kami terhadap Hari Peduli Sampah Nasional karena di Kec. Marpoyan Damai produksi sampah terbesar di Kota Pekanbaru mencapai 6 ton/hari karena tingkat perekonomian terbesar di Kota Pekanbaru.

“Saya berharap Kepada Danlanud Rsn untuk selalu kerjasamanya dalam melaksanakan kegiatan kebersihan yang tujuannya adalah menyadarkan masyarakat sekitarnya bahwa pentingnya tidak membuang sampah disembarangan dan memotivasi masyarakat agar berperan aktif dalam pembersihan lingkungan dan menjaga agar lingkungan tetap sehat,” ucap Fiora.

Komandan Lanud Rsn didampingi Pejabat Lanud Rsn, Camat Marpoyan Damai serta Kabid DLHK Kota Pekanbaru terjun langsung kelapangan  melaksanakan pembersihan seperti membersihkan selokan dan menyapu serta meninjau kedalam Pasar Pagi Arengka.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut berjalan dalam aman dan lancar.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel