Berita

Ratusan Warga Melaksanakan Sholat Idul Adha di Lanud Suryadarma

Dibaca: 5 Oleh 04 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Ratusan warga masyarakat sekitar Lanud Suryadarma berduyun-duyun berbaur bersama Warga Lanud Suryadarma untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1438 H/2017 M di Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma Kalijati, Subang, Jum’at (1/9).

Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T. Sembiring Meliala dalam sambutannya yang disampaikan oleh Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Sapuan menyampaikan bahwa Setidaknya ada dua hikmah yang dapat kita petik dari peristiwa qurban yang dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim yaitu tentang aspek spiritual dan aspek sosial.

“Aspek spritual yaitu Ibadah qurban yang memberikan pesan moral agar setiap pribadi muslim memiliki kesiapan mental untuk senantiasa mentaati apa yang menjadi perintah Allah dengan ikhlas, dan tawakkal. Seperti tercermin pada Nabi Ibrahim dan Ismail. Meski terasa berat sekalipun perintah Allah tetap dilaksanakan, hal itu dilakukan demi kedekatan kepada-Nya”, jelasnya

“Kemudian tentang aspek sosial yaitu ibadah qurban tidak hanya diterjemahkan sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga sebagai bentuk solidaritas antar sesama manusia, ibadah qurban seharusnya meningkatnya kebajikan dalam bentuk derma, infak, dan sedekah, atau mengorbankan sebagian harta untuk mereka yang kurang mampu dan benar-benar membutuhkan”, tambahnya.

Baca juga:  Uji Dinamis Stand Ejection Seat Pesawat Su-27/30

Pada kesempatan itu juga Komandan Lanud melalui Danwing 8 mengucapkan selamat hari raya idul adha 1438 H Kepada kaum muslimin dan muslimat, “Semoga Idul Adha 1438 H/ 2017 M ini akan membawa spirit baru untuk terus iklas dan rela berkorban bagi sesama dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, kedekatan sebagai pengabdian terbaik kepada Allah”, ucapnya.

Sementara KH. Drs. Toto Ubaidillah selaku wakil ketua PW NU Kabupaten Subang yang bertindak sebagai Imam dan Khatib menyampaikan tausiyahnya yang intinya bahwa Peristiwa kurban adalah ujian keimanan dan ketaqwaan Allah SWT kepada hambanya, yakni Nabi Ibrahim a.s. yang pada saat itu dengan ikhlas menyembelih anaknya nabi Ismail untuk bukti akan ketaatan pada sang Kholik yang kemudian atas kehendak-Nya Allah Swt menggantikan penyembelihan itu dengan seekor Qibas. Oleh sebab itu hikmah yg bisa kita ambil saat ini adalah ketika kita merayakan idul adha ataupun idul qurban ataupun idul nahar kita sebagai orangtua jelaslah belajar dari baginda nabi ibrahim AS,yang memiliki keyakinan dan keimanan yg sangat luar biasa dan kitapun harus terus berupaya untuk mendidik anak anak kita menjadi anak anak yg betul betul soleh dan sholehah dan yakin akan memiliki anak yg tunduk kepada kita dengan izin Allah SWT.

Baca juga:  FASIDA KALBAR LATIHAN TERJUN PAYUNG

Usai Sholat Idul Adha Danlanud Suryadarma marsma TNI T. Sembiring Meliala di dampingi Ny. Sembiring dan keluarganya menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Idul Adha Lanud Suryadarma di halaman Masjid AR Rahman yang disaksikan oleh para pejabat Lanud Suryadarma serta warga, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan Qurban.

Menurut Ketua Panitia Letkol Sus Yadin Riyadh yang merupakan Kasi Bintal Lanud Suryadarma bahwa pada Qurban Idul Adha 1438 H tahun kali ini berhasil dikumpulkan sekitar 5 ekor sapi dan 26 ekor Kambing dan Domba, setelah disembelih dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel