Berita

Realisasikan Indonesia Emas 2045, TNI AU Harus Tangguh

Oleh 17 Agu 2019 Agustus 19th, 2019 Tidak ada komentar
Realisasikan Indonesia Emas 2045, TNI AU Harus Tangguh
#TNIAU 

TNI AU. HALIM. Untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 tentunya membutuhkan usaha yang tidak ringan. Peran serta kita sebagai insan Swa Bhuwana Paksa, dalam merealisasikan Indonesia Emas yaitu dengan mewujudkan Angkatan Udara yang tangguh berlandaskan profesionalisme, militansi, dan inovasi.

Demikian  Komandan Lanud Halim Perdanakusuma  Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., mengatakan dalam sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., pada upacara peringatan ke-74 HUT Kemerdekaan RI di Apron Wing Udara I Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (17/8).

Pada tahun 2045, Indonesia juga diprediksi akan mencapai puncak jendela demografi dengan proporsi penduduk usia produktif yang sangat tinggi. Jika kita tidak mempersiapkan diri, hal ini dapat berpotensi menjadi ancaman, bukan lagi bonus demografi seperti yang kita harapkan selama ini. lanjut Kasau

Terlebih lagi, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti artificial intelligence, internet of things, dan robotika, akan menggantikan banyak peran manusia, tak terkecuali peran kita sebagai prajurit TNI Angkatan Udara, ujarnya.

Namun Menurut Kasau, ada satu hal yang di yakini tidak akan bisa digantikan oleh teknologi, yaitu critical thinking atau kemampuan berpikir kritis untuk memutuskan hal-hal yang bernilai strategis, dalam beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang sangat dinamis. Selain itu, keluhuran moral, semangat juang, dan karakter yang berintegritas sebagai seorang prajurit, adalah hal paling mendasar yang tidak akan pernah tergantikan oleh kecerdasan buatan sampai kapan pun.

“Maknanya adalah, di saat TNI Angkatan Udara terus melakukan modernisasi alutsista yang sesuai dengan perkembangan ancaman global, yang jauh lebih penting tentunya kita juga harus menyiapkan personel yang memiliki integritas, kapabilitas, dan kemampuan berpikir kritis untuk mengimbangi segala kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan global tersebut,” jelasnya.

Diakhir amanatnya Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna  menghimbau kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Udara, hendaknya senantiasa mengedepankan jiwa Profesional, Militan dan Inovatif serta memegang teguh Pancasila dan nilai luhur bangsa Indonesia dalam setiap pelaksanaan tugas, sehingga kita mampu melaksanakan amanah dan harapan rakyat terhadap TNI Angkatan Udara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel