Berita

RENSTRA II TNI 2010-2014

Dibaca: 47 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
RENSTRA II TNI 2010-2014
#TNIAU 

Renstra II TNI 2010-2014 difokuskan pada modernisasi atau pembangunan kekuatan TNI dimaksudkan untuk mewujutkan “kekuatan pokok minimum pertahanan” dengan harapan terwujudnya kekuatan TNI yang cukup sehingga mampu mengemban tugas-tugas operasional yang sedang dan akan dipercayakan, agar tidak berlebihan ditengah keterbatasan anggaran, tidak ketinggalan ditengah kemajuan teknologi militer, serta memancarkan deterrence effect.

 

Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dalam sambutannya pada upacara bendera 17 an yang di bacakan oleh Kepala Dinas Psikologi TNI AU Marsekal Pertama TNI Drs. Ahadijat, di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (19/4). Upacara diikuti oleh para Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil dari Lanud Halim Perdanakusuma, Dissurpotrudau, Dispsikologi dan Bekmatpus.

 

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI Renstra II TNI selain fokus pada modernisasi juga di tetapkan optimalisasi peran TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan wujud partisipasi aktif dan kontribusi nyata TNI, dalam proses pembangunan nasional. Perlu saya tegaskan bahwa optimalisasi peran TNI sama sekali bukan bentuk “ekspansi” TNI seperti dimasa lalu, untuk “mencampuri” atau “mengambil-alih” peran dan tugas pokok institusi lain akan tetapi “optimalisasi peran TNI” adalah semata-mata panggilan moral dan fungsional TNI dalam rangka menunaikan “tugas kemitraan” atau “tugas perbantuan” TNI kepada institusi atau lembaga lain, apabila diperlukan sesuai dengan kemampuan TNI. Kesemuanya itu, semata-mata untuk memebantu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, membantu meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan rakyat, membantu menegakkan disiplin tata-tertip dan hukum di laut dan di udara dan yang keempat adalah membantu meningkatkan ”citra” bangsa Indonesia di mata dunia melalui kerjasama internasional di bawah naungan PBB.

Baca juga:  Danlanud IWJ, Temui Warga Desa Kleco

 

Kata Panglima TNI yang tidak kalah pentingnya antara lain adalah seluruh prajurit TNI harus melaksanakan Renstra II TNI melalui proses modernisasi dan pembangunan kekuatan TNI, sesuai kebijakan, prosedur dan ketentuan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi. Ikuti setiap perkembangan yang mungkin terjadi agar TNI mampu menyiapkan langkah-langkah antisipatif. Tingkatkan pemeliharaan dan perawatan Alkap alut dan alutsista TNI serta pembinaan dan pengawasan terhadap satuan. Tingkatkan kesiapan operasional dalam rangka tugas perbantuan kepada Polri maupun Pemda demi suksesnya optimalisasi peran TNI melalui Operasi Militer Selain Perang terutama dalam ikut serta menanggulagi musibah bencana alam, bantuan kemanusiaan. Tingkatkan soliditas dan solidaritas satuan, serta disiplin, dedikasi dan loyalitas prajurit.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel