Berita

Resmikan Pataka Baru Korpaskhas Gelar Ruwatan

Resmikan Pataka Baru Korpaskhas Gelar Ruwatan
#TNIAU 

TNI AU.  Bandung(10/10). Masih dalam rangkaian Perayaan HUT ke-72 Korpaskhas diadakan Ruwatan atas di resmikannya Pataka Baru Korpaskhas dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Timbul Hadi Prayitno yang Bertempat di Lapangan Apel, Mako Korpaskhas.

Selama 72 tahun Korpaskhas selalu ambil bagian disetiap operasi yang dilaksanakan oleh TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI, dalam perjalanannya mengalami banyak perubahan salah satu diantaranya Pataka Korpaskhas yang bentuk dan desainnya disesuaikan dengan era saat ini.

Kepala staf Angkatan udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan Dankorpaskhas Marsekal Muda Eris Widodo Y., S.E., M.Tr(Han) mengatakan bahwa pergantian Pataka bukanlah suatu hal yang biasa, dan tidak boleh diartikan hanya sebagai pergantian simbol belaka. Pergantian Pataka ini, memiliki maksud, tujuan, dan harapan yang besar bagi seluruh prajurit Korpaskhas, untuk dapat dijadikan kebanggaan dan kehormatan, kepada satuan, serta dapat memupuk jiwa korsa dan semangat juang prajurit dalam setiap pengabdiannya.

“Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadatjana akan tetap terukir pada Pataka Korpaskhas yang baru, karena merupakan semboyan yang masih dan akan selalu relevan bagi setiap prajurit Korpaskhas. Semboyan ini harus terus menjadi pondasi semangat loyalitas tanpa mengenal pamrih yang tidak pernah padam,” tambah Kasau.

“Selain itu langkah penting selanjutnya, adalah bagaimana para prajurit menunjukkan kegigihan dan keluhuran dalam sikap dan perilaku untuk mengejawantahkan makna pataka yang merupakan panji perang prajurit Korpaskhas tersebut dalam bentuk pengabdian, yang mengedepankan kinerja profesional, sikap militan, dan pemikiran inovatif dalam setiap tugas yang menanti,” tegas Kasau sekaligus mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Dankorpaskhas menyampaikan bahwa tujuan dari acara ruwatan dengan pagelaran wayang kulit merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Korpaskhas memiliki pataka yang baru sebagai identitas dan kebanggaan prajurit korpaskhas serta sebagai tradisi penghargaan kepada kekayaan seni budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia

“Inti dari kegiatan ruwatan ini esensinya adalah memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa, agar dengan digunakannya pataka yang baru, dapat semakin memperkokoh posisi Korpaskhas sebagai salah satu pasukan elite dunia,” ujar Dankorpaskhas.

Hadir pada acara tersebut Pejabat Mabesau, Para mantan Dankorpaskhas, Ketua PIA AG Gab. IV Korpaskhas, Pejabat Mako Korpaskhas dan Pusdiklat Paskhas serta pejabat Bakorda Bandung.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel