Berita

Revolusi Mental Jadikan Terwujudnya Pemuda Yang Maju

Dibaca: 7 Oleh 29 Okt 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Revolusi Mental harus dapat kita jadikan pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Oleh karena itu, Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

Demikian salah satu bunyi amanat tertulis Menteri Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Djamaluddin, M.Si (Han) yang bertindak selaku Irup pada upacara peringatan ke-86 Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di lapangan Merah Makorpaskhas Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung. (Selasa,28/10)

Dalam sambutannya Menpora menyampaikan bahwa Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif.

Menpora pun mengingatkan bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita. “Bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, “ kata Danlanud.

Baca juga:  Kursus Identifikasi Dan Filter Angkatan X Resmi Di Buka

Menpora menyatakan pula bahwa dengan segala kemajemukan yang dimiliki, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu Negara Indonesia yang berdaulat adil dan makmur.

Para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Hal tersebut seiring dengan era tahun 2015 yang akan memasuki komunitas Asean. “Untuk itu, kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran, dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik,” jelas Menpora.

Ditegaskan pula bahwa Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negra kesatuan Republik Indonesia dari upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad NKRI adalah Harga Mati. Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan oleh para pemuda dengan meyakinkan harapan akan masa depan bangsa yang cemerlang.

Baca juga:  SATRAD 223 BALIKPAPAN IKUT SEMARAKKAN INTERNATIONAL DRAGON BOAT “FESTIVAL ERAU 2014”

Peringatan hari Sumpah pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema “Bangun Soliditas pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional.

Upacara peringatan yang dilaksanakan secara khidmat tersebut diikuti para perwira, bintara, tamtama, dan pegawai negeri sipil, para pejabat Makorpaskas, para komandan dari satuan samping, diantaranya Dandepohar 40 dan 70 serta Pusdiklat Paskhas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel