Berita

Ribuan Keluarga Besar TNI AU Dan Warga Berbaur Di Lanud Halim

Dibaca: 4 Oleh 28 Sep 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Merayakan peringatan Idul Adha 1436 Hijriah, Lanud Halim Perdanakusuma membuka pintu bagi masyarakat dan keluarga besar TNI Angkatan Udara untuk berbaur bersama dalam Sholat Id bersama di dalam kesatrian. Sholat id diikuti ribuan jamaah termasuk Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna beserta Nyonya Bryantira dan pejabat Markas Besar Angkatan Udara lainnya dilaksanakan di Apron Skadron Udara 2 dan 17 dengan penceramah Ustadz H. M Sholeh Kahar. Kamis, (24/9).

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Umar Sugeng Hariyono, S.IP., S.E.,M.M., dalam sambutannya menyampaikan Idul Adha yang dirayakan setiap 10 Dhulhijah dinamakan juga Hari Raya Haji. “Hal ini dikarenakan umat muslim dari seluruh penjuru dunia, saat ini tengah melaksanakan wukuf sebagai puncak pelaksanaan ibadah haji. Di samping itu, Idul Adha disebut Hari Raya kurban karena adanya anjuran berkurban. Anjuran berkurban, bermula dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim AS kepada putra terkasihnya Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim dituntut memilih antara melaksanakan perintah atau mempertahankan buah hatinya. Namun karena didasari ketaqwaan yang kuat, perintah dilaksanakan dan akhirnya, Nabi Ismail tidak jadi disembelih karena digantikan seekor domba,” ujar Danlanud.

Baca juga:  KENAIKAN PANGKAT MEMBERIKAN KESEJAHTERAAN

Sementara itu, penceramah Ustadz H. M Sholeh Kahar menyampaikan usai sholat id akan dilaksanakan penyembelihan hewan-hewan kurban, dari umat yang telah berkecukupan. “Hakekat penyembelihan hewan kurban adalah kita menyembelih berbagai sifat tercela untuk mencapai derajat sebagai insan yang bertaqwa. Tiga sifat yang harus dihilangkan dari diri kita adalah sombong, serakah dan iri hati. Sombong hanyalah selendang Allah, manusia yang sombong tidak akan masuk surga. Serakah merupakan penyebab Nabi Adam turun ke bumi, sifat serakah, tamak, loba dan ingin memiliki lebih dari yang ada berakibat penderitaan. Iri hati, dengki atau merasa kurang senang melihat kelebihan orang membuat manusia tertutup hatinya, iri hati merupakan dosa pertama yang menyebabkan pertumpahan darah pertama di muka bumi.

Usai Sholat Idul Adha Danlanud Halim Perdanakusuma beserta Nyonya Dewi Umar Sugeng menyerahkan hewan kurban kepada Panitia Idul Adha Lanud Halim Perdanakusuma di Masjid Shirattunur. Menurut Ketua Panitia Mayor Sus Drs H. Sujono yang merupakan Kasi Bintal Lanud Halim Perdanakusuma pada tahun 2015 ini di seluruh masjid di kompleks Lanud Halim Perdanakusuma berhasil dikumpulkan sekitar 74 ekor sapi serta 305 ekor Kambing dan Domba, setelah disembelih dagingnya akan dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

Baca juga:  Cuti Lebaran, Keselamatan Dan Keamanan Menjadi Prioritas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel