BeritaBerita Kotama

Ribuan Masyarakat Solo Raya Saksikan Pagelaran Wayang Kulit TNI AU

Dibaca: 123 Oleh 09 Jul 2018Tidak ada komentar
Ribuan Masyarakat Solo Raya Saksikan Pagelaran Wayang Kulit TNI AU
#TNIAU 

TNI AU . Ribuan masyarakat Solo Raya saksikan pagelaran wayang kulit, dengan menampilkan dalang kondang Ki Manteb Sudarsono, bertempat di SMA Pradita Dirgantara, desa Ngesrep, Kec. Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Minggu (8/7). Pagelaran Wayang kulit tersebut diadakan dalam rangka menjelang Grand Opening SMA Pradita Dirgantara        (SMA PD) yang akan diselenggarakan pada 11 Juli 2018 mendatang.

Antusias masyarakat Solo untuk menyaksikan pagelaran wayang ini sudah terlihat sejak sore hari dan puncaknya ketika pagelaran wayang dimulai, dengan banyaknya masyarakat yang memenuhi tenda dan memadati halaman samping Gedung Auditorium SMA Pradita Dirgantara.

Sekolah SMA Pradita Dirgantara sendiri merupakan sekolah unggulan yang berada di bawah naungan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), sedangkan Yasarini  merupakan yayasan dibawah TNI AU yang mengelola pendidikan.

Sesaat, sebelum pagelaran dimulai Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., secara simbolis menyerahkan tokoh wayang “Bimo” kepada Dalang Ki Manteb Sudarsono. Cerita yang diangkat dalam pagelaran ini mengambil tema “ Bimo Bangkit”.

Hadir menyaksikan pagelaran ini para pejabat Mabes TNI  dan Mabes TNI AU,  Ketua Umum Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda Jateng, Pejabat Forkompinda Solo Raya, Danlanud Adi Soemarmo  Kolonel PNB Indan Gilang B. S.Sos. dan Kepala Sekolah SMA Pradita Dirgantara Prof. Siswandari.

Baca juga:  Pia Ardhya Garini Tanamkan Budaya Gemar Menabung Kepada Siswa Sekolah Angkasa Lanud Soewondo

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.IP.M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa wayang kulit merupakan budaya adiluhung peninggalan nenek moyang yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya yang berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, Pagelaran wayang kulit ini adalah sebagai bentuk penghormatan TNI Angkatan Udara terhadap karya besar seni budaya bangsa yang sangat tinggi nilainya.

Disisi lain, Kasau juga mengatakan bahwa pagelaran wayang kulit mengandung makna dan nilai filosofis yang sangat tinggi fungsi dan perannnya bagi masyarakat, baik sebagai tontonan maupun tuntunan. Indahnya seni pakeliran yang dimainkan dalam pagelaran wayang kulit merupakan hal yang sangat menghibur bagi masyarakat pada umumnya.

“Pentingnya sebuah tekad yang diikuti oleh nilai kejujuran, jiwa ksatria dan rela berkorban, senantiasa menjadi bagian dari sebuah perjuangan menuju cita-cita yang diharapkan. Nilai-nilai dan pesan moral seperti itulah yang senantiasa digambarkan dalam sebuah pagelaran wayang kulit”, demikian ungkap Kasau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel