Berita

Ribuan Pelajar Kunjungi Lanud Soewondo, Saksikan Alutsista TNI AU

Ribuan Pelajar Kunjungi Lanud Soewondo, Saksikan Alutsista TNI AU
#TNIAU 

TNI AU.   Dalam rangka Pembinaan Potensi Dirgantara, Menumbuhkan Minat Dirgantara, Ribuan siswa-siswi sekolah banjiri Apron Charlie dan Hanggar Lanud Soewondo. Kegiatan Air Force Open Day ini digelar guna mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus menarik minat dirgantara bagi generasi muda bangsa. Bersamaan dengan pelaksanaan latihan kilat Cakra C-20 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekan Baru, Lanud Soewondo memberikan kesempatan selama sehari kepada para pelajar dan masyarakat kota Medan untuk berkunjung, melihat langsung alutsista pesawat TNI Angkatan Udara dari jarak dekat. Selasa (25/2/2020) pagi.

Kegiatan Soewondo Open Day yang digelar di Hanggar dan Selter Lanud Soewondo ini mengundang perhatian dari warga Kota Medan dan sekitarnya khususnya bagi para pelajar. Sebanyak kurang lebih 5.633 pelajar dari berbagai sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA terlihat antusias menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini pelajar dan masyarakat langsung terlihat berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan yang didampingi  para guru juga orangtua yang turut serta menghadiri kegiatan tersebut.

Helikopter Super Puma yang parkir di hanggar menjadi tontonan yang menarik bagi pengunjung. Pada kesempatan tersebut, para siswa duduk dengan rapi guna mendapatkan penjelasan dari salah satu crew tentang pesawat tersebut yang selanjutnya dihujani pertanyaan yang antusias oleh pengunjung.

Baca juga:  PIA LANUD PADANG MENEMPATI KANTOR BARU

Setelah Pesawat tempur Hawk 100/200 terbang diatas langit Soewondo sempat terbang dan bermanuver kemudian landing dan parkir di shelter dengan aman, disaat itu para pengunjung bertepuk tangan saat salah seorang pilot pesawat tempur Hawk melambaikan tangan kearah pelajar dari atas pesawat. Setelah pesawat parkir dengan aman, para pelajar  diberi kesempatan untuk melihat pesawat dari jarak dekat dan diberi kesempatan untuk berfoto bersama.

Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Meka Yudanto S.Sos., M.A.P. pada awak media saat diwawancarai di lokasi kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan Soewondo Air Force open day ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta dan minat kedirgantaraan kepada para pelajar, khususnya di wilayah Medan sekitarnya.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI AU ke 74, dengan kedatangan pesawat tempur Hawk 100/200 milik TNI AU di Lanud Soewondo, selain melakukan kegiatan latihan kilat dan Cakra, kami juga mengundang masyarakat dan pelajar yang bertujuan untuk menanamkan minat kepada generasi muda agar cinta pada Dirgantara. Kita lihat Dirgantara kita cukup luas, tentunya membutuhkan putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi prajurit TNI AU menggantikan kita kelak. Yang kedua kita ingin dekat dengan masyarakat, jadi sebelumnya kita melaksanakan Soewondo Air Force Run dan sekarang ini kita ajak masyarakat dan pelajar untuk melihat pesawat tempur kita dari dekat sehingga nantinya di jiwa mereka akan timbul rasa cinta tanah air. Sekitar 85 sekolah dan sekitar ribuan anak sekolah dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA kita undang kesini,” jelas Kolonel Pnb Meka Yudanto.

Baca juga:  Danlanud Dhomber Pimpin Pantukhir Daerah Casis Tamtama

Lanjutnya lagi, alutsista pesawat tempur Hawk 100/200 yang kita hadirkan disini dari Skadron udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin dan Helikopter Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja dan juga pesawat Boeing, pungkas Danlanud.

Dikesempatan yang sama, Ibu Susi, kepala sekolah SD Brigjen Katamso, Medan Sunggal pada wartawan mengatakan bahwa kedatangannya dan anak didik nya untuk melihat secara dekat pesawat tempur milik TNI AU.

“Kami dari TK Brigjen Katamso, Medan Sunggal sengaja datang ke Lanud Soewondo ini, mengajak anak didik kami untuk menyaksikan secara dekat ketangguhan pesawat tempur Hawk 100/200 milik TNI AU, dari kegiatan ini kami harapkan anak didik kami nantinya lebih mencintai TNI, khususnya TNI AU, serta agar tumbuh rasa kecintaan nya pada Dirgantara,” ucap Susi.

Senada dengan Susi, Ely selaku kepala sekolah TK Hangtuah 2, Jalan Titi Papan menjelaskan bahwa ia dan anak muridnya sengaja datang kesini untuk memperkenalkan alutsista TNI kepada siswa-siswinya.

“Kami datang kesini, untuk melihat secara dekat alutsista TNI AU  dan memperkenalkan pada murid kami, ini kami lakukan agar anak didik kami bisa tau bukan secara teori saja, tapi mereka bisa secara dekat melihat pesawat tempur TNI AU. Saya berharap agar suatu saat nanti ia bisa menjadi anggota TNI dan dalam hatinya timbul kecintaan terhadap Dirgantara,” pungkasnya.

Baca juga:  Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy membuka Pendidikan Konversi pesawat tempur T-50i Golden Eagle angkatan ke V

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel