Berita

Ribuan Warga Bandung Sholat Idul Adha 1437 H Di Apron Lanud Husein Sastranegara

Dibaca: 4 Oleh 13 Sep 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kurang lebih 3.500 jemaah dari keluarga besar Lanud Husein Sastranegara, beserta insub dan warga sekitar pangkalan melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 H yang dilaksanakan di Appron Lanud Husein Sastranegara, Senin (12/09), sholat Ied dimulai tepat pukul 07.00 WIB.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Husein S., Kolonel Pnb Y. Aditya Permana mengatakan pengertian berkurban tidak selamanya dengan menyembelih hewan. menyembelih hewan hanyalah sekedar lambang dari pengorbanan. Kalau kita lihat sejarah, sejak zaman Nabi Adam Alaihissalam telah memerintahkan berkurban kepada para puteranya, Qabil dan Habil, yang diwujudkan dalam bentuk ternak dan sawah ladang. selanjutnya, Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Ibrahim dan beliau melaksanakan pengorbanannya dalam bentuk penyembelihan terhadap anaknya Ismail, yang kemudian Allah menggantinya dengan seekor qibas. sedangkan Rasulullah Muhammad SAW melambangkan dengan menyembelih hewan. jadi, hakekat pengorbanan adalah mengorbankan apa-apa yang paling dicintainya untuk kepentingan masyarakat islam.

Lebih lanjut dikatakan adapun manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah memberi makan kepada fakir miskin. memberi makan dalam arti luas, bukan hanya memberikan makan pada jasmani atau perut, melainkan juga memberi makan kepada rohani atau akal.

Baca juga:  Lanud Soewondo Gelar Doa Bersama dan Galang Dana

Bertindak selaku Imam dan Khatib pada sholat ied kali ini Ustad Ade Mumad M.Ag, dari MUI Kota Bandung. Dalam ceramahnya beliau membahas Amar ma’ ruf dan nahyi mungkar menjadi tugas kolektif, sesuai dengan kapasitas dan posisi di wilayahnya masing-masing. Maka orang yang menjalankan ketentuan Allah dan yang melanggarnya adalah tanggun jawab masing-masing individu.

Bahwasanya seorang mumin tidak merasa cukup hanya dirinya yang menjalankan perintah Allah dan membiarkan orang lain tidak menjalankannya. Semangat inilah yang mendorong seorang mukmin melakukan amar ma’ ruf nahyi mungkar, karena tidak ingin saudaranya terjerumus kepada larangan Allah .

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Y. Aditya Permana menyerakan hewan kurban kepada Ketua Panitia hewan kurban Mayor Sus Boyva Fathra, S.Ag, yang selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Pada tahun ini Lanud Husein S., menerima 23 hewan kurban yang terdi dari 6 ekor sapi dan 17 ekor kambing.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel