BeritaKoopsau 2

Road to Zero Accident Dislambangjaau tahun 2019 di Lanud Abdulrachman Saleh Malang

Dibaca: 27 Oleh 16 Des 2019Tidak ada komentar
Road to Zero Accident Dislambangjaau tahun 2019 di Lanud Abdulrachman Saleh Malang
#TNIAU 

TNI AU. Air crew yang bertugas di Lanud Abdurahman Saleh, Malang yang terdiri dari penerbang, teknisi, dan staf terkait lainnya menerima ceramah mengenai upaya memelihara keselamatan terbang dan kerja (Lambangja) dari Tim Dislambangjaau (Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara). Penceramah meliputi Kadislambangja Marsma TNI Agung Heru Santoso, staf Dislambangja, staf Lakespra (Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa TNI AU) dan staf Dispsiau (Dinas Psikologi Angkatan Udara) berupa paparan beberapa materi di Gedung Binayuda, Jumat (13/12).

Dalam sambutan pembukaannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan sebagai Pangkalan TNI AU yang memiliki tiga skadron udara yaitu Skadron Udara 4, Skadron Udara 21 dan Skadron Udara 32, para awak pesawatnya perlu terus mempersegar pengetahuannya mengenai keselamatan terbang dan kerja guna mendukung kelancaran, keamanan dan keselamatan mengoperasikan pesawat terbang.  Ditambahkan dunia penerbangan merupakan satu sistem yang komplek, diantaranya memerlukan air crew yang mampu menerapkan safety culture secara nyata dalam tugasnya mengoperasionalkan pesawat terbang.

Baca juga:  Upacara Penyambutan Personel Batalyon Komando 466 Paskhas

Dalam ceramah pertamanya Kadislambangja Marsma TNI Agung Heru Santoso, menyampaikan rasa syukurnya dapat mewujudkan zero accident dalam tiga tahun terakhir di jajaran TNI AU dan pada akhir tahun 2019 ini, tinggal beberapa hari  memasuki tahun 2020. Diulas pula langkah-langkah menerapkan lambangja di jajaran TNI AU antara lain mendorong langkah keterbukaan melalui sistem pelaporan terhadap keadaan satuan yang tengah mengalami suatu kejadian penerbangan/pesawat yang  tidak prosedural.  Kemudian menerapkan managemen safety dalam operasional penerbangan sebagai sarana menciptakan sikap kewaspadaan/alert. Langkah ini akan dapat menuju pada safety culture generatif (sikap alami dalam keamanan). Dengan demikian keadaan mission accomplish safety always akan terwujud di jajaran TNI AU.

Selanjutnya tiga pemapar meliputi Kolonel Nav Hery Purwanto, S.E., Letkol Kes Arif Mayuza Chandra, S.Pd., dan Mayor Kes Budi Dananjaya, M.Psi. memaparkan tiga topik berbeda yaitu mengenai pembinaan lambangja TNI AU, kesemaptaan jasmani untuk mendukung operasional penerbangan dan tinjauan psikologi terhadap sikap lambangja di Lanud Abdulrachman Saleh.

Baca juga:  Karya Bakti TNI Manunggal Binpotdirga Lanud TDN Tahun 2010

Menurut Kalambangja Lanud Abdulrachman Saleh Mayor Pnb Sandra Gunawan, M.Ipol., dalam rangka road to zero accident Dislambangjaau di Lanud Abdulrachman Saleh tahun 2019 ini, tim Dislambangjaau telah tiba di Lanud Abdulrachman Saleh sejak Hari Rabu 11 Desember 2019 untuk survey lambangja di dinas-dinas dan skadron-skadron di jajaran Lanud Abdulrachman Saleh.  Tim juga menyebarkan angket untuk anggota kemudian menganalisis segi-segi lambangja di Lanud Abdulrachman Saleh dari angket yang dikembalikan kepada tim.

Rangkaian acara ceramah kesehatan penerbangan ditandai pula dengan tanya jawab dari peserta kepada para penceramah. Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat dari Kadislambangjaau.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel