Berita

RSAU dr. Esnawan Antariksa; Gelar Simulasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Dibaca: 84 Oleh 28 Nov 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

RSAU dr. Esnawan Antariksa menunjukkan keseriusannya dalam menerapkan Keselamatan Kerja di lingkungan Rumah Sakit. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Triage Screenning Evakuasi, Transportasi dan Stabilisasi Pasien di lingkungan RSAU dr. Esnawan Antariksa, (24 dan 25 November 2014).

Kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memberi bekal untuk menciptakan kesiap siagaan kepada seluruh personel Rumah Sakit untuk menghadapi bahaya kebakaran yang sebenarnya. Serta menguji prosedur tetap (protap) yang ada, apakah masih sesuai dengan kondisi saat ini.

Untuk memberikan penjelasan materi terkait tata cara penanggulangan kebakaran dan penggunaan alat pemadam kebakaran, pihak RSAU dr. Esnawan Antariksa bekerja sama dengan Dinas Kebakaran DKI Jakarta. Dalam kegiatan tersebut dijelaskan tentang cara menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) hydran, membentuk jaringan komunikasi, dan mengevakuasi pasien (korban).

Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut, disimulasikan terjadi kebakaran di lantai II ruang perawatan Merak. Perawat dan para pasien panik, kepala ruangan melaporkan terjadinya kebakaran kepada Ses Rumkit. Kemudian Ses Rumkit melaporkan ke Ka RSAU Antariksa. Ses Rumkit mengkoordinir pelaksanaan penanggulangan kebakaran dan evakuasi Para petugas (Tim Pemadam, Tim evakuasi, tim penyelamat, tim medis) dengan sigap langsung memadamkan api dan mengevakuasi pasien serta mengamankan barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Disimulasikan dalam kebakaran tersebut memakan korban 10 orang luka-luka dan segera dievakuasi oleh tim evakuasi.

Baca juga:  DEMO BAJU ETNIK DAN BAJU NASIONAL PIA AG CAB. 20 LANUD TIMIKA

Simulasi pelatihan kebakaran diakhiri dengan evaluasi yang dilakukan oleh penilai latihan. Secara umum pelaksanan Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Triage Screenning Evakuasi, Transportasi dan Stabilisasi Pasien RSAU dr. Esnawan Antariksa tersebut dinyatakan sangat baik. Adapun kekurangan akan dilakukan koreksi untuk perbaikan protap kebakaran.

RSAU dr. Esnawan Antariksa; Gelar Simulasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel