INFO COVID-19

RSAU dr. Esnawan Siap Tangani Pasien Covid-19

Dibaca: 2156 Oleh 16 Apr 2020Tidak ada komentar
RSAU dr. Esnawan Siap Tangani Pasien Covid-19
#TNIAU 

TNI AU. HALIM PERDANAKUSUMA, DISPENAU. Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Esnawan Antariksa saat ini telah siap menangani pasien Covid-19 setelah tersedianya fasilitas ruang perawatan isolasi sesuai standar protokol kesehatan WHO. Fasilitas penanganan pasien Covid-19 ini diresmikan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto Iskanto, M.Sc., Sp.BS(K)., Sp.Kp., di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2020).

RSAU Esnawan saat ini telah memiliki fasilitas ruang isolasi dengan kapasitas 14 tempat tidur, dilengkapi High-Efficiency Particulate Air (HEPA) dan ventilator. HEPA filter berfungsi mengatur sirkulasi, tekanan, dan menyaring udara dari ruang isolasi agar tetap bersih dan bebas virus, bakteri, dan mikroba lainnya. Ruang isolasi juga dilengkapi peralatan medis lengkap, tenaga medis yang cakap, CCTV 24 jam untuk memantau kondisi pasien di ruang isolasi, dan ruang tunggu keluarga yang nyaman.

Fasilitas isolasi ini diperuntukkan bagi semua kalangan, baik prajurit TNI AU beserta keluarganya maupun pasien umum lainnya. “Sesuai arahan pimpinan TNI dan TNI AU, kami segera membangun ruang isolasi ini untuk membantu penanganan pandemi virus Covid-19 dengan sarana dan prasaran penunjang serta terpisah dari ruang perawatan lainnya. RSAU siap merawat pasien dari keluarga TNI maupun umum,” ujar Kepala RSAU Esnawan, Kolonel Kes dr. Mukti Arja Berlian, Sp.PD., sesaat setelah peresmian berlangsung.

Baca juga:  Info Covid-19

TNI Angkatan Udara, selain memberikan dukungan penuh kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan menyiapkan pesawat transport untuk mendistribusikan alat kesehatan ke seluruh penjuru tanah air, juga telah menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19, termasuk Rumah Sakit Pusat TNI AU dr. Hardjolukito di Yogyakarta dan penyiapan Kontainer Isolasi Medik Udara (KIMU) yang bisa menerbangkan pasien Covid-19 menggunakan pesawat C-130 Hercules.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel