Berita

RSPAU DEKLARASIKAN GERAKAN PATIET SAFETY

Dibaca: 78 Oleh 03 Mei 2013Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Ka RSPAU Marsekal Pertama dr. Benny H Tumbelaka Sp.OT.,M.H.Kes.,Sp.KP memimpin Apel Khusus Deklarasi Patient Safety.  Keselamatan pasien (patient safety) Bertempat di lapangan Apel RSPAU dr. S. Hardjolukito. Jumat, (19/4).

Budaya keamanan (cultur safety), Budaya tidak saling melempar tanggung jawab (blame-free culture), Budaya pelaporan (reporting culture), dan Budaya belajar (learning culture) sehingga diperlukan upaya transformasi yang menyangkut intervensi multilevel dan multi dimensi yang terfokus pada visi, misi dan strategi organisasi, leadership style serta Budaya organisasi.

Pada kesempatan Apel Khusus kali ini Ka RSPAU menyampaikan bahwa perubahan tidak bisa berjalan begitu saja, tetapi dimulai dengan pengenalan keuntungan dari perubahan tersebut, dengan demikian mengingat besarnya manfaat dan keuntungan dari perubahan tersebut maka sangat penting untuk dilaksanakan sehingga selanjutnya diciptakan suatu pola pikir melalui edukasi atau membekali pengetahuan pada staf agar tercipta persepsi yang sama.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk dapat mendapatkan hasil yang optimal dalam hal Patient Safety adalah :

  1. Mengerti insiden keselamatan pasien.
  2. Memahami 7 standart keselamatan pasien di rumah sakit dan 7 langkah menuju keselamatan pasien.
  3. Mengerti cara penempatan, penyimpanan dan penggunaan obat yang aman bagi pasien.
  4. Mengerti manfaat dan alur labelisasi untuk akurasi data pasien.
  5. Dapat membuat laporan insiden dan mengerti alur pelaporannya.
  6. Dapat melaksanakan analisis pelaporan dengan risk grading matrix.
  7. Dapat melaksanakan timbang terima pasien, mengerti dan bisa melaksanakan tahap cuci tangan yang benar serta mengerti dan dapat melaksanakan teknik aseptik.
Baca juga:  PIA ARDHYA GARINI BAKORDA BANDUNG MENYELENGGARAKAN CERAMAH

“Kegiatan ini merupakan tonggak awal bagi RSPAU untuk selalu dapat lebih meningkatkan pelayanannya terhadap semua pasien yang mempercayakan RSPAU sebagai tempat mereka untuk dapat sembuh” Ujar Kolonel Kes dr. Liez Imany Sp.B , selaku koordinator pelaksana Gerakan Deklarasi patient Safety . Pada kesempatan ini pula dilakukan acara tambahan berupa penanda tanganan Gerakan Patient Safety oleh seluruh Anggota RSPAU dr. S. Hardjolukito yang di awali oleh Ka RSPAU Marsma dr. Benny H Tumbelaka . Sp.OT.MH.Kes., Sp.KP. Dok. Pustak RSPAU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel