Berita

RUMAH RADAKNG SIMBOL KEBANGGAAN DI KALIMANTAN BARAT

Dibaca: 69 Oleh 04 Jul 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Konsep desain rumah dayak secara umum mengambil filosofi konsep rumah adat dayak secara umum, yaitu dengan pola memanjang dimana secara umum ruang terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu, Ruang Teras atau disebut ruang pante, Ruang Selasar Komunal atau disebut sami dan Ruang Tidur atau biasa disebut ruang bilik.

Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Novyan Samyoga selaku muspida kota Pontianak menghadiri peresmian rumah radakng yang bertempat di jalan sultan Syahrir, Pontianak, (3/7). Rumah ini natinya tidak hanya menjadi pusat pengembangan budaya di kalimantan barat, tapi menjadi pusat masyarakat dalam menyalurkan aspirasi seni dan budaya kreatif.

Meskipun rumah tersebut kelihatan megah dan modern, tetapi unsur adat istiadatnya masih tetap melekat yang menjadi ciri khas masyarakat Dayak. Dengan adanya rumah ini, tentunya bukan hanya masyarakat asli dayak, seluruh masyarakat Kalimantan Barat pasti juga merasa bangga karena sudah mempunyai rumah adat di tengah kota yang bisa dibanggakan, terang Danlanud di sela – sela kegiatan.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Tempur, TNI AU & RSAF Gelar JFWG

Acara yang berlangsung sejak pagi hari tersebut dihadiri undangan tidak kurang dari 1000 orang, mulai dari Pejabat TNI Polri di Kalimantan Barat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para tokoh pemuda dan masyarakat yang tersebar di Kalimantan barat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel