Berita

Rumah Sakit TNI AU “Soemitro” Surabaya Adakan Operasi Tubektomi

Dibaca: 517 Oleh 01 Mar 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Lebih dari 200 orang setiap hari berjejer menunggu giliran panggilan untuk melaksanakan operasi KB MOW (Metode Operasi Wanita) yang dilaksanakan setiap hari selama satu minggu di Rumah Sakit TNI Angkatan Udara “Soemitro” Surabaya yang beralamat di Jl. Serayu Surabaya, diawali Sabtu (25/2).

Selama 4 jam setiap hari para dokter melaksanakan operasi Tubektomi yang dibantu oleh bidan, perawat, dan asisten dokter (15 orang) tenaga medis termasuk Mayor Kes dr. Yudi Andriansyah Sp OG yang berdinas di Lanud Iswahyudi. Cara kerja Tim medis tersebut sangat trampil sekali, para perawat dan bidan yang mengondisikan para pasien, sedangkan para dokter yang mengerjakan operasi. Proses operasi cukup singkat hanya dilaksanakan 10-15 menit per pasien sudah selesai. Tempat operasi selain di ruang operasi pelaksanaan operasi Tubektomi dilaksanakan di ruang bersalin yang kebetulan antara ruang operasi dan ruang bersalin terhubung. Sedangkan kamar operasi lainnya disiapkan utk pasien yang emergency.

Mayor Kes dr. Mukti Arja Berlian Sp PD kepala Rumah Sakit TNI AU “Soemitro” menyampaikan bahwa kegiatan operasi Tubektomi dilaksanakan secara masal dan maraton di beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit “DKT” Kodam V/Brawijaya, RS “dr Ramelan” (RSAL), RS PHC Pelabuhan Perak dan RS Internasional Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi program kerja dari Bapemas KB Kota Surabaya. Lebih lanjut menyampaikan bahwa peserta operasi selain dari isteri-isteri TNI, masyarakat umum ikut juga dalam kegiatan tersebut, justru ibu-ibu lebih antusius untuk mengikutinya. Selain untuk kesehatan diri sendiri juga tidak dipungut biaya sepersenpun alisan dilaksanakan secara gratis.

Baca juga:  Ratusan Warga Iringi Pemakaman Peltu Pur Lilik

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel