Berita

Rumkit Lanud Abd Menuju Akriditasi Standar Nasional

Dibaca: 70 Oleh 16 Nov 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Kepala Rumah Sakit (Rumkit) Lanud Abd Saleh Letkol Kes dr Ari Putriani S.p PK. Hari ini Rabu (16/11), mendampingi Ketua Tim Penilai Kolonel Kes Dra Nilawati, M.M. yang sedang melakukan kegiatan survey dan simulasi dalam akreditasi supervisi sejak empat hari yang lalu di Rumkit “dr. Munir” Lanud Abd saleh. Kegiatan survey ini sebagai tindak lanjut dari Permenkes nomor 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional yang mengamanatkan bahwa setiap rumah sakit harus diadakan akreditasi.

Kolonel Kes Dra Nilawati, M.M. menjelaskan secara rinci tentang akreditasi yang merupakan penetapan pengakuan atau pengesahan dari hasil evaluasi atau penilaian yang dilaksanakan oleh tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terhadap standard fungsi-fungsi pelayanan dan dukungan kesehatan rumah sakit. Penilaian akreditasi meliputi beberapa aspek dari segi manajemen, operasional dan mutu pelayanan rumah sakit yang berjumlah 16 elemen aspek penilaian. Penetapan akreditasi menjadi penting artinya karena merupakan persyaratan bagi rumah sakit penyelenggara BPJS.

Baca juga:  Danlanud Iwj, Temui Sesepuh TNI AU

“Setiap Rumah Sakit diharuskan memenuhi standard pelayanan atau persyaratan yang ditentukan oleh Kemenkes tersebut. Oleh karena itu keberadaan tim penilai Mabesau ini hendaknya dijadikan sebagai mitra kerja dalam arti, kita bersama antara tim dan staf rumah sakit akan berkoordinasi, mengevaluasi dan mencari solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada. Apabila ada hal-hal yang menjadi catatan hendaknya menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti dan dicarikan solusinya sebelum tim KARS dari Kementrian kesehatan secara resmi melaksaakan penilaian dalam rangka akreditasi di rumah sakit ini.

Rencananya, penilaian akreditasi rumah sakit Lanud Abd Saleh dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 21 sampai dengan 23 Desember 2016, dengan acara tim surveyor menilai seluruh peralatan medis dan ruangan yang dimilki Rumkit Lanud Abd Saleh.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel