Berita

RUMKIT LANUD PEKANBARU ADAKAN SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA DAN HIV/AIDS

Dibaca: 7 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta kesehatan Personel Lanud Pekanbaru, Rumah Sakit (Rumkit) Lanud Pekanbaru melaksanakan Sosialisasi tentang dampak penyalahgunaan Narkoba dan bahaya HIV/AIDS yang disampaikan oleh Karumkit Lanud Pekanbaru Mayor Kes Dr. Rahmat Zainuddin SpP dan dr. Duma Wenty Irene Sinambela bertempat di Gedung Olah Raga Lanud Pekanbaru dan dihadiri oleh seluruh anggota Lanud Pekanbaru, Jumat lalu. 

Dalam ceramahnya Karumkit mengatakan bahwa Narkoba adalah barang yang jika sekali di coba, akan langsung ketagihan, karena seseorang pemakai akan terus mencari kenikmatan yang berbeda pada saat pertama mereka mengonsumsinya tanpa menyadari efeknya bagi tubuh dan otak. Pengguna narkoba sangat berpotensi akan terkena penyakit HIV/AIDS karena narkoba merupakan salah satu media perantara penyebaran HIV terutama yang menggunakan jarum suntik, saat ini sebanyak 60% pengguna narkoba merupakan pengguna yang berusia remaja/muda.

Untuk materi HIV/AIDS dr. Duma Wenty Irene Sinambela menyampaikan bahwa virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan menimbulkan AIDS.    Hingga saat ini penyakit menular yang disebabkan kontak luka langsung dengan penderita ini belum ada obatnya. Selain penggunaan jarum suntik secara bergantian penularan virus HIV/AIDS ini juga dapat ditularkan melalui hubungan sex, transfusi darah, ASI.   

Baca juga:  “ENGLISH CAMP’’ Skadik 505 WINGDIKUM

Sedangkan HIV/AIDS tidak tertular dengan hidup serumah dengan orang yg tertular, berenang, berjabat tangan, berciuman, gigitan nyamuk, dll. Sedangkan untuk pencegahannya yaitu dengan tidak melakukan hubungan sexual yang tidak aman, berlaku saling setia terhadap pasangan, cegah dengan menggunakan kondom, jauhi penggunaan narkoba terutama yg menggunakan jarum suntik, dll.

Hingga saat ini belum ditemukan jenis obat yang dapat menyembuhkan penderita HIV/AIDS, obat-obat yang digunakan sekarang ini hanya bersifat menghambat perkembangbiakan virus di dalam darah.

Sosialisasi yang berlangsung dari pagi sampai siang hari ini bertujuan agar seluruh personel Lanud Pekanbaru dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan bahaya HIV/AIDS yang dari tahun ketahun cendrung mengalami peningkatan terutama dikalangan generasi muda.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel