Berita

Russia Kirim Satgas Situasi Darurat

Dibaca: 3 Oleh 12 Mei 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pemerintah Russia mengirim 81 personel Satuan Tugas (Satgas) dari Kementerian Situasi Darurat Republik Russia (Ministry Of Emergency Situation Of Russia) yang direncanakan akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma besok pagi, Sabtu (12/9) sekitar pukul 09.00 Wib, bersama dengan pendukungnya.

Kedatangan ke 81 personel tersebut diangkut dengan menggunakan dua pesawat Ilyusin IL-76 yang berangkat dari Russia dan transit di New Delhi India. Kedua pesawat tersebut dengan Call Sign SUM-9711 dan SUM-9712 semula direncakan akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 03.00 Wib, namun keberangkatan dari India terhalang cuaca yang kurang baik.

Selain membawa 81 personel, kedua pesawat tersebut juga mengangkut dua buah helikopter jenis Kawasaki dan Messerchmitt sebagai alat bantu untuk melaksanakan SAR serta penyelidikan investigasi kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, prosedur demo flight/joy flight sudah sesuai aturan yang berlaku yaitu dari Deplu mengeluarkan berupa Diplomatik Clearen, Mabes TNI dan Mabes TNI AU sudah mengeluarkan Security Clearen, dan dari Kementrian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perhubungan Udara mengeluarkan Approval Flight.

Dalam pertemuannya Menhub EE Mangindaan dengan Dubes Russia untuk Indonesia Alexander Ivanov membahas secara serius menangani peristiwa jatuhnya pesawat SSJ 100 bersama dengan KNKT dan Basarnas yang berusaha seoptimal mungkin untuk mencari, menemukan sekaligus mengevakuasi serta menyusuri apa penyebabnya dari peristiwa tersebut, ujarnya.

Kabasarnas Marsdya TNI Daryatmo, megatakan, belum berhasil mengevakuasi 12 jenazah penumpang pesawat SSJ 100 yang telah ditemukan ini terhadang cuaca buruk. “Sampai sekarang cuaca dalam posisi tidak memungkinkan atau jelek”.

Tim SAR gabungan memutuskan melanjutkan proses evakuasi udara, besok Sabtu (12/5). Kendati demikian, tim SAR sudah berada di tempat kejadian tetap melakukan kegiatan. “Para rescuer tetap bekerja melaksanakan tugas untuk menemukan korban,” tegasnya.

Baca juga:  Kebersamaan Personel Lanud Suryadarma di Hari ke-18 Ramadhan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel