Berita

Safari Bintal Psikologi dan Kesehatan Bagi Anggota Lanud Adisutjipto

Dibaca: 32 Oleh 23 Jul 2019Juli 24th, 2019Tidak ada komentar
Safari Bintal Psikologi Dan Kesehatan Bagi Anggota Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU. Tim Safari Bintal Psikologi dan Kesehatan Kodiklatau membekali anggota Lanud Adisutjipto dalam ceramahnya di Gedung Serba Guna Lanud Adisutjipto, Senin (22/07/2019). Ceramah psikologi dan kesehatan disampaikan Letkol Kes Drs. H. A. Yani, SH., MT., serta Letkol Kes Bakti Joko Sunarno, M.Or.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir. Bob Henry Panggabean yang dibacakan Kadispers Letkol Pnb Sri Raharjo menyampaikan bahwa pembinaan mental psikologi dan kesehatan di lingkungan tugas TNI Angkatan Udara sangat diperlukan mengingat prajurit TNI AU harus selalu waspada serta siap siaga dalam setiap pelaksanaan tugas di manapun berada. Sehingga diperlukan pembinaan mental psikologi dan kesehatan yang baik agar tercipta prajurit yang handal dan mampu melaksanakan tugas secara militan, profesional dan inovatif.

Letkol Kes Drs. H. A. Yani, SH., MT., menyajikan materi tentang kesehatan mental yang diawali dengan menjaga hati dan pikiran dengan segala kewaspadaan. Sebab kebahagiaan hidup yang utama berpusat dari hati manusia. “Pikiran diumpamakan sebagai pusat penentuan yang menyatukan segala sesuatu dalam diri kita, sedangkan hati sebagai komandannya”, ujar Letkol Kes Drs. H. A. Yani, SH., MT., dihadapan peserta ceramah. “Mulailah kita selalu berpikir dan merasakan bahwa hidup itu luas indah, menyenangkan dan harus disyukuri. Salah jikalau kita mencari kebahagian melalui narkoba atau hal negatif lain,” tegasnya.

Baca juga:  Danlanud Sugiri Sukani, Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP

Sementara itu, Letkol Kes Bakti Joko Sunarno, M.Or., menekankan pentingnya kesehatan jasmani yang prima didalam melaksanakan tugas sehari-hari. “ Sehat itu mahal, sehat itu tidak bisa diwakilkan. Dan cara mudah dan murah untuk sehat adalah berolahraga baik dan teratur serta menjaga pola makan dan istirahat ”, jelasnya.

Pembinaan mental  merupakan salah satu fungsi komando yang penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab komandan/pimpinan. Komandan/Pimpinan berkewajiban membina prajurit secara berkesinambungan.  Pembinaan mental ini diberikan sebagai usaha untuk memperbaiki dan memperbaharui suatu tindakan atau tingkah laku prajurit melalui bimbingan mental/jiwa, sehingga prajurit memiliki kepribadian yang sehat, akhlak yang terpuji dan bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan semangat juang, dedikasi, mental, yang gilirannya akan  meningkatkan etos kerja serta disiplin prajurit dalam pelaksanaan tugas.

Hadir dalam acara ceramah Safari Bintal Terpadu tersebut adalah Kadisops, Kadislog, para Komandan Skadron, para perwira pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto serta segenap  prajurit dan PNS Lanud Adisutjipto.

Safari Bintal Psikologi Dan Kesehatan Bagi Anggota Lanud Adisutjipto

Safari Bintal Psikologi Dan Kesehatan Bagi Anggota Lanud Adisutjipto

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel