TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Safari Puspomau di Lanud Sam Ratulangi

IMG-20181114-WA0003

TNI AU.   Dalam rangka melaksanakkan upaya pembinaan Kepolisian Militer di setiap satuan, Puspomau melaksanakan safari pembinaan Pomau di Lanud Sam Ratulangi. Selasa, (13/11). Dengan materi tentang “Peningkatan Disiplin Prajurit Tahun 2018”.

Pimpinan sekaligus pembawa materi ceramah adalah Kolonel Pom Didik Gufirmanto SH. MH. jabatan sebagai Dansatrikning Puspomau, didampingi oleh Kadisops Lanud Sam Ratulangi, Lekol Nav Wahyu Pratomo Pujo W. yang mewakili Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH. M.Avn. Mgt. Safari Puspom tersebut bertujuan untuk mengenalkan peran, tugas dan fungsi Polisi Militer Angkatan Udara kepada semua anggota Lanud Sam Ratulangi sekaligus untuk memberikan informasi tentang beberapa trend pelanggaran disiplin maupun pelanggaran pidana yang sering terjadi di lingkungan TNI AU. Kegiatan ceramah Puspom ini diikuti oleh para Kadis, Dansatpom, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns Lanud Sam Ratulangi.

Dalam ceramah yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut, Kolonel Pom Didik Gufirmanto SH. MH, mengatakan bahwa ada beberapa trend pelanggaran yang sering di lakukan oleh anggota diantaranya disersi, penganiayaan, perbuatan asusila, narkoba, pencurian dan KDRT. Untuk pelanggaran disiplin yang sering di temukan antara lain mabuk-mabukan, gangguan ketertiban umum, penganiayaan ringan, penadahan ringan, penipuan ringan, melanggar kesusilaan. Namun ada sedikit penurunan jumlah pelanggaran pidana dan disiplin dari Tahun 2017 ke Tahun 2018. Tercatat untuk pelanggaran pidana Tahun 2017 berjumlah 120 kasus, sedangkan Tahun 2018 berjumlah 102 kasus. Demikian juga untuk pelanggaran disiplin, Tahun 2017 sebanyak 103 kasus, dan Tahun 2018 berjumlah 34 kasus, Serta untuk kasus pelanggaran Lalulintas dan kecelakaan lalulintas mengalami penurunan.

Selama ceramah berlangsung seluruh peserta yang hadir nampak antusias dan mencermati materi yang di sampaikan oleh penceramah. Beberapa anggota bahkan ada yang menanggapi dan bertanya tentang persoalan yang sering dihadapi dalam tugas di lapangan yang berkaitan dengan masalah Disiplin dan Hukum. Ada yang menanyakan tentang bagaimana sikap seorang bawahan apabila diperintahkan untuk melaksanakan sesuatu yang melanggar hukum, ada yang menanyakan tentang tindakan hukum bagi anggota paralayang yang melaksanakan tandem tapi belum memiliki licensi tandem. Ada juga yang menanyakan penghargaan apa yang diberikan apabila anggota dalam berdinas tidak pernah melanggar aturan atau melanggar hukum. Demikian beberapa pertanyaan yang muncul dalam ceramah tersebut.

Kegiatan safari Puspom berlangsung sangat menarik, dan selesai pada pukul 10.00 wita,

diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama.

IMG-20181114-WA0002

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Safari Puspomau di Lanud Sam Ratulangi