Berita

Safari Road to Zero Accident di Lanud Adisutjipto

Safari Road To Zero Accident di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU.  Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean didampingi pejabat Lanud Adisutjipto menerima Tim Sosialisasi dari Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Mabesau di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (13/09/2019).

Sosialisasi kali ini mengambil thema Road To Zero Accident dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Kadislambangjaau) Marsekal Pertama TNI Agung Heru Santoso. Ceramah Road To Zero Accident ini diikuti oleh sebagian besar personel, baik dari Lanud Adisutjipto, perwakilan dari satuan samping seperti dari Akademi Angkatan Udara (AAU), RSPAU Hardjolukito serta Denhanud 474 Paskhas.

Komandan Lanud Adisutjipto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Lanud Adisutjipto juga merupakan pangkalan operasional yang mengoperasikan alutsista baik untuk latihan maupun mendukung kegiatan operasi udara, sehingga dituntut kesiapan tinggi.

“Kesiapan tersebut tentu saja menuntut Sumber Daya Manusia yang profesional dalam melaksanakan program kerja yang telah ditentukan, khususnya di bidang operasi penerbangan dengan selalu mengedepankan tahapan-tahapan keselamatan terbang dan kerja.  Hal ini seiring dengan komitmen kita bersama, akan pentingnya budaya safety di lingkungan kerja dalam mewujudkan zero accident,” jelasnya.

“Untuk itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mohon kepada Kepala Dinas Lambangjaau beserta tim untuk  berkenan memberikan wawasan tentang bagaimana langkah-langkah mencapai Zero Accident,” demikian ujar Danlanud Adisutjipto saat menyambut kedatangan tim sosialisasi Dislambangjaau.

Selanjutnya dalam kegiatan ceramah ini, Kasubdisbinlambangja Dislambangjaau Kolonel Nav Hery Purwanto, S.E., memberikan ceramah dengan penekanan agar meningkatkan budaya safety,  melaksanakan setiap kegiatan sesuai dengan aturan dan tidak memaksakan diri, zero accident harus menjadi tekad dan tanggungjawab seluruh personel, antisipasi setiap potensi yang mengarah ke kecelakaan di sekitarnya dengan melaksanakan identifikasi dan risk management, laporkan setiap kejadian yang potensi bahaya, meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan, penerapan fatigue management.

Sedangkan, Mayor Kes dr. Hendra, FS, Sp.S., yang menjabat sebagai Kasiriksik Penydal Lakespra dalam materi paparannya menjelaskan  tentang Kecelakaan Kerja yang biasanya terjadi di lingkungan militer khususnya bagi Penerbang Militer. Serta beberapa kesalahan posisi badan saat mengangkat atau memindahkan barang, ataupun saat duduk di cockpit ataupun di kursi depan meja computer. Ceramah diakhiri dengan menjawab pertanyaan: Bagaimana memperbaiki pinggang? Jawaban yang diberikan adalah Perlunya memperhatikan mekanik tubuh seperti  teknik pengangkatan yang tepat, juga pertahankan postur yang aman, tetap sehat secara fisik, peregangan dan olahraga, manajemen stress serta nutrisi yang baik.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel