Berita

Salah Satu Prinsip Leadership Adalah Perhatikan Kesehatan

Dibaca: 19 Oleh 15 Sep 2015Tidak ada komentar
Salah Satu Prinsip Leadership Adalah Perhatikan Kesehatan
#TNIAU 

Kadissurpotrudau, MarsmaTNI A. Adang Supriyadi menjelaskan bahwa salah satu prinsip kepemimpinan (leadership) adalah selalu memperhatikan kesehatan diri sendiri dan juga anggotanya, karena apabila semua sehat maka akan dapat terbentuk keluarga yang bahagia (happiness family). Penjelasan ini disampaikan Kadissurpotrudau pada program jam komandan di ruang rapat Dissurpotrudau dengan mengundang pembicara dari LakespraS aryanto, Letkol Kes Dr. Miftahul F. (Senin, 14/9).

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan cara-cara bagaimana mewujudkan pola hidup yang sehat dari sudut pandang ilmu kedokteran dan dari pengalaman pribadi, imbuh Kadissurpotrudau.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Miftahul memaparkan program penurunan berat badan yang merupakan langkah awal dari pola hidup sehat. Hidup sehat merupakan pilihan yang harus diperjuangkan, dipertahankan dan ditingkatkan derajatnya. Dalam paparan tersebut, dijelaskan juga bagaimana kondisi berat badan seseorang, pemeriksaan laboratorium dan pola makan pada stadium satu sampai dengan stadium empat.

Untuk dapat menurunkan berat badan harus dengan kemauan yang keras dan diawali dengan mengatur makanan dan berolahraga secara rutin. Hari senin dan kamis berpuasa, kemudian selasa, rabu dan jumat jalan rata-rata 12 km  dengan menu sarapan pagi roti gandum dan timun, makan siang gado-gado atau pecel dan buah serta makan malam cukup buah atau terkadang ditambah dengan sedikit nasi merah.  Dengan pola seperti itu, dapat berkonsentrasi penuh dan berfikir secara visioner untuk menuangkan ide-ide dalam suatu tulisan untuk menjadi pedoman dalam menjalankan tugas dan pekerjaan saya, jelas Kadissurpotrudau.

Baca juga:  LANUD ASTRA KSETRA DAN CAT GELAR SAR DAN SURVIVAL

Sebagai penutup dari kegiatan ini, Kadissurpotrudau menyimpulkan tentang kondisi kesehatan pada stadium satu adalah seluruhnya normal, stadium dua mulai terjadi obesitas dan pola makan tidak baik, stadium tiga obesitasserta hasil laboratorium dan pola makan tidak baik, dan pada stadium empat akan timbul berbagai penyakit. Oleh karena itu, sebelum penyakit datang maka bisa mencegahnya dengan tindakan preventif melalui managemen kesehatan diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan managemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) untuk diri kita sendiri, tegas Kadissurpotrudau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel