Berita

Salat Iduladha 1440 H dan Penyembelihan Hewan Qurban di Lanud Sulaiman

SHALAT IDUL ADHA 1440 H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN DI LANUD SULAIMAN
#TNIAU 

TNI AU. SLM. Kepala Dinas Personel Lanud Sulaiman Letkol Adm Agus Basuki, S.T., M.M., beserta keluarga dan warga masyarakat sekitar berduyun-duyun melaksanakan sholat Idul Adha 1440 H/2019 M di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung, Minggu (11/8/2019)

”Berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala. Secara sosial berkurban adalah sarana untuk menyejahterakan umat,” kata Kadispers.

Manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah memberi makan kepada fakir miskin. Memberi makan dalam arti luas bukan hanya memberikan makan pada jasmani atau perut, melainkan juga  memberi makan kepada rohani atau akal. Peristiwa kurban diharapkan dapat menumbuhkan kesalehan sosial dari setiap individu umat Islam.

Disampaikan pula dalam sambutan tertulisnya bahwa hakekat pengorbanan adalah mengorbankan segala yang paling dicintainya untuk mengikis debu dalam hati yang menghalangi, yaitu kekikiran dan keserakahan. Sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al Hajj  ayat 37 yang artinya, daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah SWT., tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.

”Ujian keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhana Wata’ala yakni Nabi Ibrahim Alaihissallam yang pada saat itu dengan ikhlas menyembelih anaknya nabi Ismail merupakan bukti akan ketaatan pada sang Kholik, yang kemudian atas kehendak-Nya  menggantikan penyembelihan itu dengan seekor Qibas,”ucap K.H. Atus Ludin Mubarok, M.Sy., selaku Ketua Umum Dai Kamtibmas Polres Bandung, Kepala Bidang Dakwah MUI Kab. Bandung dan Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum IAILM Suryalaya, Tasikmalaya,  yang bertindak sebagai Imam dan Khatib.

Disampaikan pula bahwa kesadaran umat Islam di masa saat ini untuk melaksanakan ibadah qurban semakin meningkat. Hal tersebut merupakan suatu bukti bahwa umat Islam semakin menyadari dan memahami bahwa ibadah qurban merupakan jembatan untuk mecapai ketaqwaan Allah Subhana Wata’ala karena hanya dengan ketaqwaan dan hati yang ikhlas  dapat meraih ridho Allah Subhana Wata’ala.

Usai pelaksanaan Salat Id, pada pukul 08.00 WIB panitia kurban dari gabungan Seksi Bintal dan dinas lainnya di Lanud Sulaiman, melaksanakan penyembelihan hewan qurban di samping halaman gedung Sarban. Lanud Sulaiman pada Idul Adha 1440 Hijriah dapat mengumpulkan sapi sejumlah empat ekor dan kambing 17 ekor, untuk selanjutnya dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.

Idul Adha 1440 Hijriah tahun ini mengangkat tema “Jadikan Hikmah Idul Adha 1440 H/2019 M, Sebagai Momentum Peningkatan Ketaqwaan dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI.”

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel