Berita

Samapta Prima Akan Mendukung Keberhasilan Tugas Lembaga

Dibaca: 12 Oleh 20 Okt 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Seluruh personel Akademi Angkatan Udara melaksanaka tes kesamaptaan jasmani semester II tahun 2017 di Lapangan Akademi Angkatan Udara, Jumat (20/10). Pelaksanaan tes kesamaptaan ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan dan kemampuan fisik serta etos kerja anggota AAU dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing secara professional.

Kepala Departemen Jasmani Militer AAU Kolonel Pnb Somad menyampaikan bahwa Tes samapta ini berlangsung selama 3 tahap yaitu hari pertama diikuti oleh Perwira dan Wara, kemudian selasa mendatang diikuti oleh Bintara dan Tamtama dan terakhir PNS Akademi Angkatan Udara. Kegiatan test kesemaptaan jasmani ini dilaksanakan secara periodik setiap semester, dimaksudkan sebagai tolak ukur untuk mengetahui sampai seberapa jauh ketahanan fisik personel AAU, dikaitkan dengan beban tugas yang harus diterimanya terutama di lembaga pendidikan militer seperti AAU.

Lebih lanjut beliau menambahkan bahwa keberhasilan tugas lembaga pendidikan Akademi Angkatan Udara harus ditopang dengan samapta yang prima. Selain itu tes samapta juga digunakan untuk mengontrol kesehatan dan kemampuan fisik serta etos kerja anggota AAU dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing secara professional. Selain itu tes samapta juga sebagai salah satu bidang dalam proses tes seleksi para prajurit dalam melaksanakan tahapan pendidikan lanjutan, dan salah satu syarat untuk kenaikan pangkat.

Baca juga:  Latis Susbata Radop VIII ke Satrad 222 Ploso Jombang

Tes Kesamaptaan Jasmani ini meliputi tes Samapta A dan B, untuk samapta A lari sejauh 2400 meter dan untuk samapta B adalah Pull Up, Sit-Up, Push-Up dan Suttle Run. “Untuk menunjang kesemaptaan jasmani bagi personel AAU, dilaksanakan pembinaan olahraga bagi seluruh personel yaitu program olah raga pagi setiap hari Selasa dan Jum’at, olah raga teratur sesuai hobi dengan fasilitas yang ada di AAU pada jam olah raga”, pungkasnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel