Berita

Sambut Hari Kemenangan, Keluarga Besar Lanud Sjamsudin Noor Laksanakan Sholat Idul Fitri Dengan Khusyu’

Dibaca: 3 Oleh 04 Mei 2022Mei 9th, 2022Tidak ada komentar
IMG 54566
#TNIAU 

TNI AU. Keluarga Besar Lanud Sjamsudin Noor dan umat muslim di sekitar Lanud Sjamsudin Noor, merayakan Sholat Idul Fitri 1443 H/2022M bertempat di Masjid Nurul Iman Lanud Sjamsudin Noor. Senin (02/05/2022), dengan   pengamanan dari Satpomau Lanud SAM dan Babinpotdirga Lanud SAM.

Takmir masjid Nurul Iman Lanud SAM, Serma H. Haddad yang dipimpin Kadispotdirga Lanud SAM selaku Kabintal Lanud SAM Letkol Sus M. Mochtar, S.Ag., telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1433 H/2022  M diantaranya : mulai dari melaksanakan sholat dhuha dan pembacaan surah yassin, sholat dzuhur berjamaah, sholat isya berjamaah yang dilanjutkan dengan doa bersama serta sholat tarawih berjamaah dilanjutkan tadarus, bakti sosial ke panti asuhan dan pondok pesantren, Nuzulul Qur’an, pasar murah ramadhan, pengumpulan dan penyaluran Zakat Fitrah dan puncaknya pelaksanaan sholat Idul Fitri bertempat di masjid Nurul Iman Lanud SAM.

Sebelum Sholat Idul Fitri dimulai Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago memberikan sambutan kepada keluarga besar Lanud SAM khususnya dan kepada jamaah sholat Idul Fitri umumnya. Dikatakan bahwa Dengan momentum hari raya Idul Fitri ini diharapkan bisa semakin memantapkan keimanan dan ketaqwaannya serta meningkatkan profesionalitas prajurit dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. ’’Dengan berpuasa kita semua hendaknya dapat merefleksikan hakikat nilai-nilai ibadah puasa dengan baik di kehidupan sehari-hari, oleh karena itu kita untuk  selalu bersabar, jujur, ikhlas dalam melaksanakan kegiatan apapun sebagai amal soleh dan peduli terhadap sesamanya demi menumbuhkembangkan sikap  rasa kebersamaan  senasib dan sepenanggungan. Momentum Idul Fitri 1443 H ini, kita sebagai Umat Islam untuk saling memaafkan satu sama yang lain, berucap salam dan berkunjung untuk membangun tali silahturahmi diantara kita semua. Selain itu di hari yang fitrah ini kita untuk benar-benar memanfaatkan Idul Fitri sebagai kesempatan atau momentum yang sangat tepat untuk kita bersilahturahmi dan juga bermaaf-maafan.” Terangnya.

Baca juga:  Wanita Angkatan Udara Lanud RHF Gelar Syukuran Peringati HUT Ke-59 Wanita Angkatan Udara.

Kepada jamaah sholat idul fitri Masjid Nurul Iman, Danlanud SAM di akhir sambutannya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M, Minal Aidin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin dengan disertai doa dan harapan semoga amal ibadah puasa yang telah kita dilaksanakan sebulan penuh di bulan suci Ramadhan yang lalu bisa memberikan semangat dan kekuatan lahir dan batin seraya mendoakan semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah serta petunjuknya kepada kita sekalian.

Sholat Idul Fitri tersebut dipimpin oleh Ustadz Pahrul Nirwan (Alumni Ponpes Ma’had Ali Martapura) Tokoh Agama dari Kec. Bati-Bati Kab. Tanah Laut yang bertindak sebagai Imam dan Khotib. Dalam khotbahnya disampaikan bahwa Idul Fitri adalah momen untuk memasuki kehidupan baru yang bersifat otentik/fitrah. Ramadhan yang telah dilalui hendaknya dijadikan bekal bagi umat Muslim di bulan-bulan mendatang untuk membentuk kesalehan spritual yang berjalan beriringan dengan kesalehan sosial, kesalehan manajemen, kesalehan politik, kesalehan organisasi dan kesalehan birokrasi.  Berbagai kesalehan itu seharusnya menjadi etika publik yang diproyeksikan ke berbagai ruang kehidupan. Dalam menghadapi kehidupan yang keras di dunia ini membuat sifat manusia menjadi dzolim, tamak, sombong, angkara murka dan dikuasai oleh berbagai hawa nafsu sehingga sifat-sifat utama menjadi kabur seperti hilang dan manusia berlumur dosa. Dengan panggilan puasa Ramadhan ini agar manusia berjuang kembali ke fitrah yang bersih dan suci dalam jati diri manusia yang sejati. “Manusia yang dilahirkan dari rahim Idul Fitri adalah manusia yang tercerahkan. Ia mampu untuk mengobyektifikasi kesalehan personal dan spritual kepada kesalehan publik secara luas, dengan selalu menerapkan rasa saling membuka pintu maaf antar sesama.” Tutup Ustadz Pahrul Nirwan.

Baca juga:  Danlanud J.B. Soedirman Sambut Kedatangan Presiden RI Ir.H. Joko Widodo

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjamaah yang dimulai pukul 07.30 WITA dibawah temarang cuaca yang cukup bersahabat tersebut berlangsung khusyu’, aman dan lancar.

IMG 54568IMG 54567

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel