Berita

Sambut HUT TNI Ke-77 Tahun 2022, personel Lanud D. Dumatubun laksanakan Bersih Pantai

Dibaca: 2147 Oleh 27 Sep 2022Tidak ada komentar
Sambut HUT TNI Ke-77 Tahun 2022, personel Lanud D. Dumatubun laksanakan Bersih Pantai
#TNIAU 

TNI AU. Sambut HUT TNI ke-77 pada 5 oktober 2022 mendatang, TNI bekerja sama dengan Polres Tual, pemuda desa, siswa sekolah dan warga masyarakat Desa Ohoitahit melakukan pembersihan laut, di Desa Desa Ohoitahit Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Selasa (27/9/2022).

Kegiatan ini diawali apel kelengkapan dan laporan Paspotmar, Letnan Laut Karto kepada Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) Indra Dharma, M.Tr.Hanla. Dalam amanatnya sebelum memulai kegiatan, Danlanal Tual, mengatakan, dengan kegiatan ini, mewujudkan kebersamaan dan sinergi gotong royong TNI manunggal rakyat.

Danlanal Tual menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

lebih lanjut Danlanal menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80% berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut. “Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif,” ujar Danlanal.

Baca juga:  Kasau Halal Bihalal Bersama Forkopimda Sultra

sementara itu Danlanud Dominicus Dumatubun Letkol Pnb Ruli Surya Ps berharap kegiatan ini menjadi contoh dan pelopor bagi masyarakat untuk bahu membahu dan dengan kesadaran tinggi peduli untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama ke laut.

“Laut harus kita jaga untuk kelangsungan hidup anak cucu kita ke depan. Kepedulian harus kita mulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing maupun tempat bekerja. Kegiatan bersama ini tidak hanya berhenti setelah kegiatan ini berakhir, tetapi menjadi momentum bagi kita semua untuk bertekad menjaga laut dan pantai, agar tetap bersih dan sehat dengan tidak menjadikannya sebagai tempat sampah” harap Danlanud.

Hadir dalam kegiatan bersih pantai yakni, Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) Indra Dharma SE. M.Tr. Hanla, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, Danlanud D. Dumatubun, Letkol Pnb Ruli Surya P S, Kapolres Tual, Akbp Prayudha Widiyatmoko S.I.K, Personel Lanal Tual, Personel Kodim 1503/Tual, Personel Kompi D Yonif 734/SNS, Personel Lanud D. Dumatubun, Pesonel Polres Tual
Personel Polres Malra, Personel Polsek Dullah Utara, Ibu Jalasenastri Korcab IX DJA III, Smk N 1 Tual, SMP N 11 Tual, Para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat desa Ohoitahit dan masyarakat desa ohoitahit.

Baca juga:  PRIMKOPAU LANUD PADANG ADAKAN RAT TAHUN BUKU 2011

a7

A6

A3

a2

a1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel