Berita

Sambut Kartini, Wanita TNI Apel Bersama

Dibaca: 3 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Momen hari kartini menjadi momen yang sangat tepat bagi kaum wanita Indonesia untuk bergerak maju dan lebih baik. Kesempatan inilah yang juga dimanfaatkan oleh Korps Wanita TNI Wilayah Kalimantan Selatan.

 

Bertempat di halaman Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) Banjarmasin, Koprs Wanita TNI mengadakan apel bersama. Acara yang bertepatan dengan hari Kartini (21/4) ini dihadiri oleh unsur-unsur dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan POLRI selain itu juga tampak hadir para pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas dilingkungan TNI dan Polri serta hadir pula dari mahasiswi dari AKPER Kesdam RS Dr. Suharsono.

 

Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini dipimpin langsung oleh inspektur upacara Komandan Lanud Sjamsudin Noor, Letkol Pnb Singgih Hadi.

 

Dalam amanatnya, Danlanud Sam menyampaikan dua hal yang menjadi poin penting dalam memaknai apel bersama Wanita TNI Kalsel ini. Yang pertama apel bersama Wanita TNI ini merupakan bagian integral untuk membina solidaritas dan soliditas antara Wanita TNI. Yang kedua bahwa apel bersama ini merupakan refleksi historis pahlawan wanita Indonesian RA Kartini.

Baca juga:  Kebun Barokah Lanud MUS Mulai Di Lirik Oleh IAD Sabang

 

Letkol Pnb Singgih Hadi menambahkan bahwa RA Kartini telah berhasil menegakkan kesetaraan gender di Indonesia. Dengan dilandasi semangat ini lanjut Danlanud Sam, Wanita TNI harus mampu untuk terus mengembangkan diri dalam menjalankan peran gandanya sebagai prajurit dan sebagai ibu rumah tangga.

 

Untuk itu Wanita TNI harus bisa profesional dan proporsional artinya ketika sebagai seorang prajurit, Wanita TNI harus selalu mengutamakan tugas. “tugas adalah segala-galanya dan tugas adalah kebanggaan”ungkap Danlanud Sam. Selain itu Wanita TNI juga jangan melupakan kodratnya sebagai wanita dalam hal ini ibu rumah tangga.

 

“Ibu rumah tangga memiliki tugas dan peran yang sangat penting dalam keluarga, selain sebagai seorang istri juga sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya”lanjut Danlanud Sam. Dalam mewujudkan itu semua setidaknya ada 5 (lima) langkah yang harus dilakukan oleh Wanita TNI.

 

Langkah yang pertama adalah memantapkan keimanan dan ketakwaan. Landasan iman dan takwa sangat penting mengingat peran ganda yang dijalankan Wanita TNI memerlukan landasan yang kokoh. Selanjutnya yang kedua menurut Danlanud Sam perlu adanya pengamalan norma dan nilai pancasila. Yang ketiga yaitu peningkatan Profesionalisme, salah satu yang penting adalah meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Yang keempat terkait dengan Hari Kartini, Wanita TNI harus selalu terus memahami dan mengamalkan nilai emansipasi wanita. Yang terakhir yaitu perlu adanya peningkatan solidaritas dan soliditas Wanita TNI.

Baca juga:  GARUDA MENGHANCURKAN LANUD SIM

 

Ditemui setelah acara apel bersama, Danlanud Sam kembali menjelaskan bahwa peran wanita tidak akan pernah lepas walaupun statusnya adalah prajurit TNI. “tugas harus tetap dilaksanakan tetapi juga jangan lupa akan kodratnya sebagai seorang wanita” ungkap Danlanud Sam Letkol Pnb Singgih Hadi diakhir wawancara.

 

Sementara itu menurut Mayor CKU Nelly Yana, salah satu perwakilan Wanita TNI AD, selama ini tidak ada kendala yang berarti yang dihadapinya ketika menjalankan peran ganda sebagai anggota TNI dan sebagai ibu rumah tangga.

 

“Saya memang harus pandai-pandai membagi waktu, Alhamdulillah selama ini tidak ada masalah yang berarti, setelah tugas waktu saya berikan untuk keluarga”. ungkap Nelly yang pada saat wawancara juga didampingi oleh perwakilan Wanita TNI AL dan TNI AU.

 

Ketika disinggung mengenai karir, Nelly mengaku selama ini tidak ada diskriminasi karir antara pria dan wanita, semua mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan karirnya. Hal ini tambah Nelly tidak lepas dari peran RA Kartini dalam menegakkan kesetaraan gender.

Baca juga:  36 Orang Ikuti Dik Sus Keslap Paskhasau Ke-17

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel