TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Sambut Ujian Nasional, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Bekali Siswa dengan Training ESQ

By 28 Feb 2019 March 1st, 2019 Berita
IMG-20190301-WA0011

TNI AU. SMK Penerbangan AAG Adisutjipto melakukan berbagai upaya demi mempersiapkan siswa kelas XII untuk menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) USBN 2019.

Salah satunya adalah dengan memberikan kegiatan Training Emotional Spiritual Qoutiens (ESQ) yang diikuti seluruh siswa kelas XII. Kegiatan tersebut diadakan di gedung Serbaguna Adisutjipto (GSA), Kamis (28/2).

Dalam kegiatan Training ESQ kali ini juga dihadiri oleh orang tua atau wali siswa kelas XII, yang bertindak sebagai pembicara yaitu motivator Bpk. Rua Zainal Fanani hadir memberikan materi Training For Excellent Life untuk menyiapkan mental para siswa dalam menghadapi USBN tahun 2019.

Bapak Rua Zainal Fanani menampilkan tayangan video inspiratif untuk memberikan motivasi kepada para siswa agar jangan pernah takut untuk bermimpi, dalam salah satu tayangan mengangkat kisah nyata dari seorang remaja anak dari petani miskin yang selalu menulis lebih dari 100 target mimpi-mimpinya dan berhasil mencapai mimpinya.

“Sukses itu harus, bukan ingin. Tidak ada yang tidak mungkin, langitlah batasnya,” tegas Zainal kepada para siswa. Dengan adanya pelatihan dan kegiatan motivasi tersebut diharapkan para siswa dapat meraih kesuksesan dari mimpi yang sudah ditargetkan masing-masing dan mampu mempersembahkan hasil yang terbaik kepada orang tua.

“Tiga persen orang punya impian, detail, amat kuat dan tertulis dialah orang sangat sukses. Prestasi luar biasa tidak mungkin diraih dengan cara yang biasa,” pungkasnya.

Tak hanya mendapatkan training ESQ dan motivasi, dalam kegiatan tersebut para siswa juga diajak untuk intropeksi diri dan meminta maaf kepada kedua orang tua/wali sebelum memasuki masa ujian.

Kepala SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Letkol Tek. Nur Haryanto, M.Han. mengatakan kegiatan pemantapan spiritual ini ditujukan agar para siswa memiliki kepribadian yang mantab saat menghadapi USBN. Kepala Sekolah juga berpesan bahwa yang ditekankan dalam menghadapi ujian yakni kejujuran dan kemandirian. Menurutnya nilai bagus itu penting akan tetapi, karakter jujur itu lebih utama.

“Dalam rangka mempersiapkan siswa untuk menghadapi ujian, kami jelas menyiapkan dari segi akademik dan non akademik, tapi jangan lupa bahwa kita juga harus menyiapkan mental dan spiritual siswa. Seperti saat pagi sebelum KBM ada shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an dan do’a bersama, nah.. kami mantapkan juga fisik para siswa agar pada saat hari pelaksanaan ujian siswa sehat dan siap,” jelasnya.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Sambut Ujian Nasional, SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Bekali Siswa dengan Training ESQ