Berita

Sarang elang di pohon preh AAU

Dibaca: 52 Oleh 30 Agu 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Tiap pagi pukul 6.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB AAU kedatangan sekawan Elang di pohon Preh (orang Yogya menyebutnya), Kehadiran elang ini kemungkinan adanya burung-burung sejenis, kutilang, jalak, perkutut, emprit dll sebagai di pohon yang sama. Setiap sore menjelang petang sekawanan burung burung dari berbagai jenis memang mulai memasuki sarangnya, dan saat inilah sekawanan elang memangsa hewan yang lebih kecil di pohon Preh. Satwa yang mulai langka ini hadir di AAU kemungkinan karena masih banyaknya ketersediaan makan di habitat ini.

Memang selama Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda (Marsda) TNI Bambang Samoedro S.Sos. menjabat, beliau mencanangkan AAU sebagai pilot project percontohan pengelolaan pendidikan lembaga perguruan tinggi.

Penangkaran satwa rusa bantuan dari istana Bogor untuk melengkapi kasanah hewan-hewan di AAU memperkuat semangat menjadikan AAU sebagai tempat konservasi lingkungan. Pelarangan menembak dan berburu di areal AAU juga menjadi bagian dari upaya pelestarian lingkungan.

Sampai berita ini disusun jenis elang yang berada di AAU masih belum diketahui, namun menurut keterangan beberapa anggota elang yang bersarang di AAU merupakan jenis elang jawa atau dikenal dengan elang alap ( Nisaetus bartelsi) yang bercorak hitam dan dari endemi di jawa. Hewan pemangsa ini membuat sarang jauh dari aktivitas manusiasehingga dipilihnya pohon preh sebagai tempat bertangkar sesuai nalurinya.

Baca juga:  Sholat duha di Masjid Al Mujahidin Lanud El Tari

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel